DINAS PERIKANAN KABUPATEN LAMONGAN

Berita

Berita 12 Oktober 2024

Pelatihan dan Penerapan Inovasi Pengelolaan Kualitas Air

Institut Pertanian Bogor mendorong dosen-dosennya untuk melakukan pengabdian pada masyarakat dalam kegiatan "Dosen Pulang Kampung" sebagai bagian dari pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi. Pada tanggal  9-10 Oktober 2024 dosen-dosen yang berasal dari Departemen Budidaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor melakukan pengabdian di Desa Pucangtelu, Kecamatan Kalitengah, Kabupaten Lamongan bekerja sama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Lamongan.
Program yang dijalankan adalah pemberian Pelatihan Pengelolaan Kualitas Air Tambak untuk menunjang kegiatan budidaya ikan di Kabupaten Lamongan kepada 35 peserta.  Dosen-dosen dari IPB yang memberikan pelatihan adalah Wildan Nurussalam, S.Pi, M.Si. dan Moh. Burhanuddin Mahmud, S.Pi, M.Si. serta asisten dosen Yudha Hanggara S.Pi dan Daffa Nuradzani S.Pi dengan keahlian di bidang lingkungan perairan budidaya.
Pelatihan tersebut membahas langkah-langkah pengolahan kualitas lingkungan untuk budidaya ikan dengan memanfaatkan pakan alami. Para pembudaya dilatih untuk menerapkan langkah manajemen yang bertujuan untuk peningkatan produksi agar dapat meningkatkan perekonomian. Sinergi antara perguruan tinggi dengan Dinas Perikanan serta masyarakat diharapkan berkontribusi bagi pembangunan yang berkelanjutan termasuk budidaya ikan yang berkelanjutan serta terjaga kualitasnya baik aman terhadap lingkungan maupun aman bagi konsumen.