DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA

Orientasi Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Akseptor di Kampung KB


DPPKBLAMONGAN - Produk Lamongan banyak diminati oleh konsumen dari luar kota.Bahkan beberapa produk secara rutin telah di kirim ke luar jawa.

Setidaknya sampai saat ini ada enam belas produk Lamongan yang berhasil masuk retail modern yakni produk Bu Bintang Krupuk Trasi, Jajanan Ibu Kembang Goyang, Jajanan Ibu Kuping Gajah, Jajanan Ibu Pastel Mungil, Twinfood Jackfriut Coffee, An-Nur Kopi Rempah, An-Nur Wedang Pokak, Kirana Teri Krezz, Jajanan Ibu Kerupuk Ikan Tengiri, Snackchat Akar Kelapa, Baloon Ladu Sing Cemilan Kekinian, Snackchat Gapit Ketan Rasa Banwang, 2R Ting-Ting Rasa Original, 2R Kripik Singkong Ayam Panggang, Jozz Emping Melinjo, dan Palupi Soes Kering Original.


Menurut Reni Setiowati, narasumber UPPKS, untuk masuk ke retail modern disortir melalui 6 poin, yakni telah didaftarkan di Disperindag Lamongan, bersertifikat halal, mencantumkan expired date, memiliki PIRT, dicek komposisi dan gramasi, serta melalui uji kemasan.


Menurutnya, selain dilakukan pengecekan rasa, konsistensi barang juga diperlukan."Jangan sampai permintaan tinggi namun barang tidak tersedia,” ungkapnya.

Kemarin (24/3), telah dilakukan pembinaan terhadap UPPKA (Usaha Peningkatan Pemberdayaan Keluarga Akseptor) di Kelurahan Jetis.Kegiatan yang dilakukan oleh Perwakilan BKKBN Jawa Timur bekerjasama dengan Dinas PP & KB Kabupaten Lamongan ini diikuti oleh empat UPPKA Unggulan.Selain praktek membuat sabun juga pembagian ATTG.