Mei

17

 2023

Pemkab Lamongan Targetkan Indeks Pendidikan Capai 14,01

 diskominfo
 446
 17-Mei-2023





Hadirkan pendidikan yang merata dan inklusif di Kabupaten Lamongan, Pemerintah Kabupaten Lamongan targetkan indeks pendidikan capai 14,01, atau setara dengan Diploma 2. Hal tersebut di ungkapkan Wakil Buoati Lamongan Abdul Ro’uf saat hadiri Haflah Akhirussanah, Santri Ma’had Bahrul Fawaid dan Siswa MAN 1 Lamongan Tahun Pelajaran 2022/2023, di Gedung Sport Center Lamongan, Rabu (17/5).


Untuk merealisasikan target tersebut berbagai program pendidikan telah digulirkan sejak tahun lalu mulai dari program perintis dari SD hingga jenjang S2 khusus tahfiz, maupun hadirkan sarana prasarana pendidikan yang memadahi. 


“Indeks pendidikan sebagai reperesentasi kualitas pendidikan mengalami di Kabupaten Lamongan mengalami kenaikan dari 0,667, hal ini dipengaruhi oleh lama sekolah yang sebesar 8,33 atau setara smp kelas 3. Harapan pepan pemerfintah lama sekolah di Lamongan yang akan di capai adalah 14,01, atau setara dengan diploma 2,” tutur Wabup Ro’uf.


Melihat prestasi yang dicapai siswa MAN 1 Lamongan  mulai dari meningkatnya siswa yang diterima di perguruan tinggi negeri, meningkatnya siswa yang mewakili Lamongan untuk bertanding di kompetisi OSN di tingkat Provinsi, pertukaran pelajar di Jepang dan Filipin, pembangunan laboratorium dan perpustakaan terpadu, Wabup Ro’uf mengapresiasi berbagaimperkembangan MAN 1 Lamongan dalam menghadirkan pendidikan yang unggul dan bermartabat. 


“Kita harapan pepustakan tidak hanya berbetuk fisik tapi digital, karena negeri kita saat ini  sudah merembah kearah digita. Terlebih generasi kita saat ini adalah generasi agen of change, yang tidak siap nanti akan tergerus oleh bangsa, kita jadikan generasi kita menjadi generasi emas, kita ingin Indonesia menjadi negara yang maju, disegani orang negara lain dengan cara menciptakan penerus bangsa yang berkualitas,” tambah Wabup Ro’uf. 


Dihadapan 389 siswa/siswi  MAN 1 Lamongan yang di wisuda hari ini, Wabup Rouf tekankan 2 hal Allah akan mengangkat drajat manusia yakni orang yang beriman dan orang yang berilmu. 


“Tanda-tanda ilmu yang betmanfaat ilmu itu minimal mampu menghidupi dirinya sendiri. Dan Allah akan mengangkat drajat manusia dengan 2 jalur, yakni orang-orang yang beriman memiliki keteguhan iman mantap imannya, yang sayanyakin dia akan memiliki drakat yang tinggi di sisi Allah, kalau orang memiliki drajat yang tinggi di sisi Allah akan diberika bonus-bonus kehidupan itu di dunia maupun di akhirat. Kedua Orang yang berilmu, tidak ada ilmu yang tidak berguna, dengan perkembangan yang ada utamanya di MAN 1 Lamongan ini menunjukan kita tidak perlu takut kehilangan penerus bangsa yang quality fight,” ujar Wabup Ro’uf.


Sependapat dengan hal tersebut, Kepala Sekolah MAN 1 Lamongan Nur Endah Mahmudah berpesan 3 hal yang patut diperhatikan siswanya yakni khoirunnas anfauhum linnas, menjadi sejarah bapak/ibu guru dan almamater, serta keseimbangan ibadah mafdoh dengan akhlakul karimah.


Sementara, Khoirul Anam saat mewakili Kepala Kementrian Agama Lamongan mengungkapkan, orang tua dan tenaga pendidik hanyalah seorang suppotter atau pendukung, selayaknya terus mendorong anak-anak untuk mencapai cita-cita sesuai dengan potensin dan kemampuan dibidangnya masing-masing.


“Kita sebagai supporter pemainnya adalah anak-anak kita yang baru diwisuda, saya lihat dari berbagai kalangan itu melihatkan kebahagian yang luar biasa, jangan hanya beruforia di wisuda ini saja, perjalanan masih panjang, kalian semua adalah pemudi pemuda yang nantinya esok hari pemimpin masa depan, teruskan langkah-langkah impian kalian, bisa jadi memang secara akademis kurang memuasakan, tapi yakinilah bahwa Allah SWT sudah memberikan potensi kepada kita semua, apapun itu dari status apapun itu kuncinya adalah beristiqomah,” pungkasnya.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023