Oktober

20

 2022

Tips Antisipasi Serangan Malware

 diskominfo
 483
 20-Oktober-2022

Salah ancaman potensial yang selalui mengintai pengguna internet adalah malware. Menurut internetsehat.id dalam buku Pedoman Berinternet Aman, Nyaman, dan Bertanggungjawab, malware adalah sebuah program berisi kode berbahaya, termasuk di antaranya virus, worm, dan trojan. Malware menyebarkan diri dengan memanfaatkan media-media komunikasi populer, seperti email, pesan instan, situs, dan material download lewat koneksi peer-to-peer. Malware juga akan berusaha mengeksploitasi kelemahan pada sistem.

Berikut ini beberapa kiat jitu menghindari malware menurut internetsehat.id:

  1. Pastikan anda mem-backup data di komputer secara rutin. Malware tidak hanya dapat mencuri informasi perbankan atau informasi pribadi lainnya, tetapi juga dapat menghapus seluruh isi komputer bahkan membuat komputer menjadi tidak berfungsi alias rusak.
  2. Jangan pernah membuka file attachment ataupun link yang berasal dari sumber yang tidak dikenal, termasuk attachment di email, media sosial, dan instant message.
  3. Sebelum membuka file, scan terlebih dahulu file tersebut dengan antivirus. Jangan lupa untuk selalui meng-update antivirus secara rutin.
  4. Perbarui sistem keamanan dan web browser dengan patch terbaru.
  5. Hapus semua pesan yang tidak dikenal, jangan membukanya.
  6. Jika tiba-tiba salah satu teman di media sosial mengirimkan pesan aneh, file, atau link yang mencurigakan, jangan dibalas atau bahkan membuka link tersebut. Segera tutup saja windows chat itu.


Referensi:

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023