September

01

 2022

Sirkel Raih Penghargaan Top 5 Inovasi Publik of The Year 2022

 diskominfo
 740
 01-September-2022

SIRKELplus sebagai sistem informasi respon keluhan jalan dan jembatan yang diluncurkan oleh Dinas PU Bina Marga Kab. Lamongan guna menampung keluhan masyarakat terhadap permasalahan kondisi infrastruktur jalan dan jembatan, kemarin Selasa (30/8), telah peroleh penghargaan Top 5 Inovasi Publik of The Year 2022, kategori Public Services Of The Year Jawa Timur Tahun 2022, di Vasa Hotel Surabaya.

Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Lamongan Sujarwo mengungkapkan, banyaknya keluhan dari masyarakat terkait infrastruktur di media sosial, sedangkan keluhan tersebut belum tersampaikan dengan baik, hal ini yang mendasari PU Bina Marga meluncurkan aplikasi SIRKELplus. melalui 

"Karena kami melihat jalan-jalan di Lamongan yang belum baik dan kondisi jembatan yang rusak dan perlu perbaikan, ini Masyarakat mengadunya di tempat yang kurang tepat, karena mereka mengadunya di media sosialnya masing-masing sedangkan itu menjadi kurang tepat, karena belum tentu kita tau dari keluhannya tersebut dan informasinya kadang juga belum jelas dimana titik tempatnya dan lain-lain," tutur Sujarwo

Aplikasi akun sirkelplus.lamongankab.go.id atau whatsapp +6282142565600 yang dapat diakses 24 jam ini, menurut Sujarwo menggunakan inovasi jangka waktu 3×24 jam, keluhan tersebut di proses. Dengan melakukan pemastian titik lokasi terlebih dahulu, apakah wilayah tersebut milik PU Bina Marga dalam hal ini jalan poros Kabupaten, atau milik Provinsi maupun Desa. 

"Kita pastikan titik aduannya, kalau itu milik PU Bina Marga, Kita lakukan pengecekan turun lapangan, dari situ kita lihat tindakan apa yang perlu kita lakukan, kalau misal itu hanya perlu kita tambal ulang jadi sehari ya selesai, kalau butuh material yang banyak dan pekerja yang banyak ya mungkin lebih butuh waktu yang lebih banyak lagi," ujar Sujarwo

Lebih lanjut, kata Sujarwo, selain adanya interval jangka waktu 3×24 jam dari respon keluhan, yang menjadi nilai plus SIRKELplus adalah hasil dari respon masyarakat yang tampil di aplikasi sirkelplus.lamongankab.go.id. 

"Selain adanya jangka waktu penanganannya itu juga diaplikasikan dapat diketahui mana saja keluhan-keluhan yang sudah tertangani dan yang belum, jadi masyarakat yang telah melakukan pengaduan bisa melihat keluhanya sudah tertangani atau belum di aplikasinya, kalau sudah akan berwarna hijau dan kalau belum akan bewarna merah," jelas Sujarwo 

Atas perolehan penghargaan tersebut, menurut Sujarwo hal ini akan menjadi motivasi serta semangat bagi PU Bina Marga untuk lebih baik lagi merespon keluhan-keluhan dari masyarakat.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023