Juni

04

 2022

Festival Ekonomi Kreatif Ajang Pelajar Lamongan Tumbuhkan Ekonomi

 diskominfo
 1146
 04-Juni-2022


Keseriusan Kabupaten Lamongan dalam menumbuhkan kebangkitan ekonomi pasca pandemi terus dilakukan. Sabtu (4/6), dalam rangkaian Hari Jadi Lamongan (HJL) ke-453, Pemerintah Kabupaten Lamongan menggelar Festival Ekonomi Kreatif di halaman Lamongan Sport Center.

Festival Ekonomi kreatif yang dikususkan untuk para pelajar se-Kabupaten Lamongan tersebut merupakan bentuk kolaborasi antara UMKM se-Jawa Timur dengan dunai pendidikan. Mengingat siswa-siswi tingkat SMP-SMA sederajat mempunyai produk maupun karya yang tak kalah bagus dengan para pelaku UMKM, namun masih adanya kendala dalam pengemasan maupun pemasarannya.

Bupati Lamongan Yuhonur Efendi yang berkesempatan membuka kegiatn tersebut menyampaikan apresiasinya kepada Komnas Pendidikan yang telah memfasilitasi kegiatan ekonomi kreatif untuk pelajar. “Terima kasih kepada Komnasdik yang telah memfasilitasi kegiatan ini dan tadi disampaikan kegiatan ini tidak akan hanya berhenti sampai disini saja, namun nantinya pasca kegiatan ini akan diberikan pembinaan-pembinaan baik kualitas produk juga saluran distribusi pemasaran dan yang lebih penting lagi adanya dukungan permodalan sehingga UMKM khususnya di Kabupaten Lamongan ini dapat tumbuh dan berkembang dengan baik,” ucap Pak Yes

Menurut Pak Yes, kegiatan tersebut merupakan salah satu cara Pemkab Lamongan untuk menggairahan pasar kembali. “Kegiatan-kegiatan juga terus kita semarakan dengan berbagai kegiatan maupun tagline ‘ayo ditumbasi’ ‘ayo dolen ke Lamongan’ ‘ayo kuliner ke Lamongan’, yang ini untuk membangun kegairahan pasar kembali, terutama brand maupun produk Lamongan yang sangat luar biasa,” tutur Pak Yes

Turut hadir Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur, Drajat Irawan yang dalam kesempatan tersebut menyampaikan, untuk membentuk ekonomi kreatif bagian paling pentingnya adalah pelaku atau SDM (Sumber Daya Manusia).

Lebih lanjut, Drajat menyampaikan, terdapat beberapa strategi Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam membangun para IKM (Industri Kelas Menengah) agar dapat berdaya saing diantaranya yaitu pertama dengan menyelenggarakan sekolah kewirausahaan yang bekerjasama dengan platform e-commerce.

Yang kedua, kata Drajat Irawan, mengadakan beberapa kegiatan yang mendorong penguatan digitalisasi. Di jawa Timur sendiri, menurtt pihaknya, sudah menyediakan infrastruktur Millenial Job Center (MJC) di beberapa Bakorwil dan Jatim IT Creative (JITC) di Disperindag, untuk mendorong pengembangan industri kreatif berbasis digital.

“Semua aktivitas ekonomi kreatif ini yang berbasis digital maupun kerajinan ini bisa dipasarkan, betapa pasar menjadi bagian penting, maka setiap bulan IKM kita diberikan kesempatan melakukan bisnis dagang dan beberapa pameran-pameran ini juga menjadi bagian penting untuk mendorong pasar baik dalam negeri maupun luar negeri, yang direncanakan kedepan sudah mulai di optimalkan pasar antar negara dan IKM-IKM ini termasuk Jawa Timur diberikan kesempatan IKM-IKM memanfaatkan Pusat Pengembangan Ekspor Jawa Timur di Kedungdoro,” ucap Drajat Irawan

Dalam kesempatan tersebut, Drajat Irawan juga memperkenalkan beberapa fasilitas-fasilitas yang di sediakan Pemprov Jatim dalam menjalankan usaha salah satunya yaitu layanan standar merek yang ada di Malang dan Surabaya.

“Mudah-mudahan dengan berbagai rangkaian fasilitasi yang bersinergi antara Pemerintah Jawa Timur dengan Kabupaten Lamongan, maka ekonomi kreatif yang ada di Lamongan ini bisa menjadi bagian penting untuk mendorong ekonomi di Jawa Timur dan Lamongan,” ujarnya

Festival Ekonomi Kreatif tersebut di ikuti oleh 55 stand UMKM yang terdiri dari stand pelajar SMP-SMA sedrajat maupun santri, UMKM jebolan MegPreneur, dan UMKM komunitas.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023