Desember

25

 2021

Diskominfo Ajak Mahasiswa Paham Literasi Digital

 diskominfo
 837
 25-Desember-2021
Maraknya fenomena kabar bohong (hoaks) terjadi karena masih rendahnya literasi digital yang dimiliki oleh masyarakat. Menurut Anton Purnawirawan selaku perwakilan dari Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Lamongan mengatakan, penguasaan media massa perlu bagi semua kalangan terutama gen Z.
Pemahaman literasi digital, menurut dia, penting untuk mengurangi konten negatif yang bertebaran di dunia maya. "Konten hoaks mudah menyebar karena masyarakat kurang paham mana informasi yang benar atau salah," katanya dalam Seminar bertajuk Literasi Digital: Merebut Narasi, Ruang Media sebagai Perekat Kebhinekaan yang diadakan oleh Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Institute Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan, Sabtu (26/12).
Lebih lanjut, ia pun menekankan agar mahasiswa dapat menjadi agent of change menuju dunia digital yang positif. Menurutnya, pengetahuan tentang literasi media diperlukan sehingga masyarakat tak hanya bisa menggunakan teknologi, namun berpikir kritis sebelum membagikan informasi.
"Kita sebagai netizen harus aktif tak hanya menjadi penikmat, namun dengan menyebarkan konten positif misal membuat e-learning atau video pembelajaran," katanya.
Hal senada turut disampaikan oleh praktisi dunia digital Hendri, yang mana kejahatan digital misal hoaks, hate comment atau penipuan online akan masif jika masyarakat tak menguasai pengetahuan digital.
Ia menambahkan, literasi digital dapat membawa pengaruh buruk dalam kehidupan masyarakat dari menurunnya tingkat literasi, hilangnya toleransi hingga produksi yang hanya mengejar konten.
"Ancaman digital sesungguhnya itu berasal dari diri kita sendiri," kata pria yang sekaligus sebagai Manager Influencer Nunu "Mbegidak". Dalam paparannya, ia menekankan transformasi digital hanya sebagai alat untuk hidup bukan mengubah cara hidup.
Oleh karena itu, ia mengajak mahasiswa untuk membawa nilai dan norma Bhineka Tungga Ika ke ruang digital.
PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023