November

05

 2021

Urban Farming Melon, Bupati YES: Cara Bertani Ala Milenial

 diskominfo
 830
 05-November-2021

Bupati Yuhronur mengatakan, pertanian perkotaan (urban farming) dapat menjadi solusi milenial untuk memanfaakan lahan yang terbatas. Dikutip dari website kementrian, urban farming merupakan aktivitas pertanian seperti hortikultura, akuakultur, arborikultur dan peternakan, yang dilaksanakan di tanah milik pribadi di daerah perkotaan dengan pemanfaatan lahan terbatas seperti pekarangan rumah.

"Saya yakin, generasi milenial akan cukup menyenangi cara pertanian holtikultura ini, karena tidak terlalu ribet, praktis, dan sesuai dengan dengan sense anak muda," katanya saat ditemui di sela acara Panen Melon "Mbegidak" di Perumahan Puri Karang Mulyo Made, Lamongan, Jumat (11/5).

Kemudian, Ia mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan akan mendukung secara maksimal model pertanian seperti ini dari awal panen hingga pasca panen, misalnya kendala pupuk, bibit, pengairan hingga distribusi hasil panen.

"Kita juga berikan fasilitas seperti yang sudah saya sampaikan penjualan atau distribusi melalui Pasar Agrobis dan juga gerakan semacam #AyoDitumbasi," ujarnya.

Irfan, petani melon yang menggelar acara tersebut, mengungkapkan hal yang mendasarinya dalam menerapkan konsep urban farming ini. "Kami ingin ada suasana modern pertanian yang baru di perkotaan ini. Selain itu, kualitas tanah dan prosek ke depannya yang menjanjikan," katanya.

Menurutnya, dengan urban farming memberi keuntungan yang besar dan perawatan yang terbilang mudah. Dia mengajak seluruh generasi milenial untuk tidak malu untuk Bertani atau berkebun. "Lahan kecilpun bisa ditanami, yang penting kreatif dan ada tekad," pesannya.

Melon yang ditanam di lahan pekarangan yang terletak di pinggir kota ini, terdiri dari jenis melon merlin f1, pertiwi, new kinanti, dan glamour.

Senada dengan Irfan, influencer Lamongan Nunu Elcidi, mengajak pada para milenial untuk tak malu bertani demi menjaga ketahanan pangan. "Pertanian masih didominasi oleh orang tua. Mungkin peran milenial diperlukan," ucapnya.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023