Oktober

01

 2021

Pemkab Lamongan Upayakan Petani Tembakau Lamongan Mendapat Asuransi

 diskominfo
 1490
 01-Oktober-2021

Kabupaten Lamongan, selain sebagai lumbung padi, juga berhasil menjadi salah satu daerah penghasil tembakau nomor 5 di Jawa Timur. Sebagai bentuk dukungan atas prestasi tersebut, Pemkab Lamongan akan mengupayakan asuransi pertanian dan perbaikan infrastruktur jalan agar produktivitas petani tembakau makin meningkat.

"Pemerintah akan berupaya untuk memberikan solusi-solusi yang terbaik. Seperti mengusahakan adanya asuransi, ini mengantisipasi apabila terjadi gagal panen. Termasuk jalan juga diprioritaskan," tutur Bupati Yuhronur saat mengikuti panen tembakau di Dusun Torongglonggong, Desa Sumberagung Kecamatan Modo, Jumat (1/10).

Hal tersebut juga ditegaskan oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan (TPHP) Lamongan, Sukriyah, bahwa TPHP akan melakukan berbagai langkah agar budidaya tembakau makin berkembang.

"Kami berusaha untuk memberi yang terbaik. Seperti asuransi dan subsidi harga. Namun, terlebih dahulu akan dilakukan survei ke lapangan. Kedepannya, pada tahun 2022 kami telah menganggarkan dari sumber Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) untuk digunakan dana asuransi petani dan subsidi harga," katanya.

Sampai hari ini luas panen tembakau di Kabupaten Lamongan telah mencapai 4.584 ha dengan produksi 5.489 ton. Harga komoditas tembakau rata-rata mencapai harga Rp. 20.000 s/d 25.000/kg rajangan kering.

Foto: Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kab. Lamongan.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023