Juli

21

 2024

Bupati Yes Launching Tiga Motif Batik Milik Desa Sendangagung

 diskominfo
 720
 21-Juli-2024


Bupati Lamongan Yuhronur Efendi launching tiga motif batik Lamongan terbaru, Sabtu (20/7) di Hall Watungkal Edupark Sendangagung Sendangagung malam ini. Tiga motif batik tersebut merupakan hasil kreasi dari masyarakat Sendangagung, Kecamatan Paciran.


"Senang sekali malam ini koleksi batik di Lamongan bertambah. Karena saya launching tiga motif batik Lamongan sekaligus. Tiga motif ini tentu hasil masyarakat Lamongan, tepatnya Desa Sendangagung," tutur Bupati yang akrab disapa Pak.


Tiga motif batik Sendangagung tersebut diantaranya ialah, batik motif Rontal yang menggambarkan daun siwalan di Desa Sendangagung sangat multifungsi sebagai bahan kerajinan tangan. Selanjutnya ada batik motif Sego Langgi, Sego Langgi adalah salah satu makanan khas Desa Sendangagung. Yang Mana didalamnya berisi nasi putih, sambal kelapa parut, sayuran, dan pucuk daun yang berjumlah tujuh, hidangan ini biasanya disuguhkan pada saat nisfu sya'ban. Dan yang terakhir adalah batik dengan motif Tari Rahayuning Sendangagung, motif ini menggambarkan kesejahteraan masyarakat Sendangagung yang hidup berdampingan dengan kerajinan dan seni budaya. Salah satunya  musik jedor yang masih eksis hingga kini, musik tradisional ini dapat kita temui dalam kegiatan khitanan hingga pernikahan.


Seluruh motif batik terbaru dari Desa Sendangagung ini merupakan hasil karya dari generasi muda di Kabupaten Lamongan. Pada bula April lalu, Pemerintah Desa Sendangagung menggelar lomba desain batik yang mengusung tema potensi Desa Sendangagung.


Menurut orang nomor satu di Kota Soto, kegiatan tersebut merupakan bagian dari mengenalkan warisan budaya kepada generasi bangsa.


"Batik ini memiliki nilai budaya dan seni yang sangat tinggi. Dari zaman dahulu, Sendangagung sudah menjadi pusat batik di Lamongan. Potensi ini harus terus dipertahankan, salah satu upayanya ialah mengenalkan kepada generasi muda sebagai penerus bangsa," terang Pak Yes.


Sebelumnya, Desa Sendangagung tercatat sudah memiliki karya batik dengan motif Bandeng Lele, Singomengkok, Namkatil, Kawung, Sekar Jagat, dan lainnya. Tiga motif terbaru akan menjadi koleksi terbaru yang tak kalah menarik.


Memiliki tujuan utama meningkatkan kapasitas UMKM setempat, Desa Sendangagung juga melakukan pembinaan kepada seluruh pengrajin batik dan penjahit baju setempat.


"Pada bulan Mei, kita lakukan pembinaan kepada penjahit dan pengrajin batik disini. Tujuannya agar mereka semua dapat memaksimalkan kapasitas yang dimiliki untuk mengembangkan potensi Desa Sendangagung," ungkap Kepala Desa Sendangagung Panut Supodo.


Hasil pembinaan itu langsung ditampilkan pada kegiatan Sendangagung Batik Fashion (SBF) 2024. Fashion show dengan memeragakan tiga motif batik terbaru tersebut digelar selama dua hari (19-20 Juli). Dari kategori SMP/SMA, umum, dan UMKM akan diambil tiga juara dan dua juara harapan (setiap kategori).

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023