Juli

01

 2021

Asisten Administrasi Umum Setda dan Diskominfo Hadiri Webinar Diseminasi Publik Hasil Survei Kepuasan SP4N-LAPOR!

 diskominfo
 1674
 01-Juli-2021

Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Lamongan, Sujarwo, bersama Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Achmad Edwyn Anedi, Kepala Bidang Informasi dan Publik, Nur Cholilah, serta Kepala Seksi Manajemen Informasi dan Komunikasi Publik, Nazilatul Fikriyati, menghadiri undangan Diseminasi Publik Hasil Survei Kepuasan SP4N-LAPOR! secara daring di Ruang Kadis Kominfo, Kamis (1/6/2021). Acara tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) Republik Indonesia.

Dalam kegiatan diseminasi publik tersebut dipaparkan hasil survei kepuasan publik terhadap SP4N-LAPOR! yang diselenggarakan oleh KemenPANRB bersama  Lembaga Mitra Pembangunan United Nations Development Programme (UNDP) dan the Korea International Cooperation Agency (KOICA).

Sampel survei tersebut adalah pelapor dan pengguna sistem antara tahun 2020 hingga kuartal pertama 2021. Pengumpulan data dilakukan dari tanggal 17 Maret 2020 hingga tanggal 17 April 2021. Total 1.661 responden terlibat dalam survei tersebut termasuk 1.329 masyarakat pengguna LAPOR! dan 333 pengelola sistem SP4N-LAPOR! sebagai bagian dari sampel.

Dari hasil survei tersebut, diketahui kepuasan masyarakat  berada pada tingkat 75,7%. Ada kenaikan sebesar 3,7 % dari hasil survei terakhir pada tahun 2019 yang melaporkan tingkat kepuasan 72%.

Indeks kepuasan tertinggi dalam survei tersebut terkait dengan kemudahan mendaftar dan menggunakan SP4N-LAPOR!. Responden juga melaporkan kepuasan yang tertinggi dengan fitur kerahasiaan pelapor seperti yang dijanjikan sistem.

Dari hasil survei tersebut juga diketahui kecepatan respon dari instansi terkait mendapat skor terendah pada grid kepuasan. Hal tersebut menunjukkan bahwa hal itu menjadi fokus perbaikan lebih lanjut baik dari segi sistem dan pengembangan kapasitas sumber daya manusia.

Sebagai informasi, SP4N-LAPOR! (Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) adalah layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat Indonesia melalui beberapa kanal pengaduan yaitu website www.lapor.go.id, SMS 1708 (Telkomsel, Indosat, Three), Twitter @lapor1708 serta aplikasi mobile (Android dan iOS). 

Lembaga pengelola SP4N-LAPOR! adalah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) sebagai Pembina Pelayanan Publik, Kantor Staf Presiden (KSP) sebagai Pengawas Program Prioritas Nasional dan Ombudsman Republik Indonesia sebagai Pengawas Pelayanan Publik.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023