Maret

15

 2024

TMMD 119 Beri Manfaat Fisik dan Non Fisik

 diskominfo
 171
 15-Maret-2024



Sinergi Pemerintah Kabupaten Lamongan bersama Kodim 0812 Lamongan dalam mempercepat pembangunan fisik dan non fisik masif dilakukan. Bertempat di Desa Brengkok Brondong, Lamongan, kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 119 tahun 2024 telah berlangsung selama sebulan kebelakang. 


“Ini sebagai darma bakti TNI untuk mempercepat pembangunan untuk kemajuan di wilayah. TMMD ini intinya untuk percepatan pembangunan yang ada di wilayah baik sasaran fisik maupun non fisik, keduanya dilaksanakan dan ini tersebar di seluruh indonesia,” tutur Aster Panglima TNI Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, saat menutup TMMD ke 119 tahun 2024 Lamongan, Jumat (15/2/24). 


TMMD yang dimulai sejak 20 Februari lalu berbagai program telah rampung dikerjakan mulai dari pembangunan jalan rabat beton sepanjang 1,052 km panjang 4 meter, pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 10 unit rumah, pengerukan embung, penebaran benih ikan, pelayanan kesehatan gratis, pelayanan administrasi Disdukcapil, pelayanan administrasi Satlantas, hingga operasi pasar murah, sebagai bentuk pembangunan fisik. 


Sementara, dalam darma bakti TNI non fisik direalisasikan dalam bentuk sosialisasi kepada masyarakat  untuk meningkatkan wawasan kebangsaan cinta tanah air dan kesadaran masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan negara, maupun melibatkan masyarakat bergotong royong dalam pembangunan. 


Rampungnya program TMMD ke 199 tahun 2024 kedepan dapat membawa kemanfatan berkelanjutan yang memberikan kemudahan akses bagi masyarakat, menumbuhkan perekonomian masyarakat, maupun meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal tersebut tentu perlu adanya peran masyarakat dalam memelihara pembangunan yang telah dicapai.  


“Kalau program fisik ini tentu perlu adanya dukungan dari masyarakat untuk memelihara pembangunnya seperti infrastruktur jalan, sebab nanti juga percepatan untuk masyarakat memperkoleh akses, dengan demikian pertumbuhan ekonomi diwilayah dapat tumbuh dan masyarakat dapat dimudahakan dengan akses jalan,” tambahnya.


Sependapat dengan hal tersebut, Sekertaris Daerah Kabupaten Lamongan Moh. Nalikan mengatakan, pembangunan non fisik tidak kalah pentingnya untuk terus dijaga dan ditanamkan kepada masyarakat agar menjadi modal sosial bagi anak cucu dimasa depan. 


“TMMD bersifat nonfisik juga sangat penting, bagimana menguatkan kebhinekaan dan menguatkan kita rasa gotong royong. Tentu gotong royong ini Pak Kades (Kepala Desa) untuk dapat selalu dijaga, apa yang diberikan TNI ini gambaran kita bhwa kita bersatu, tidak ada yang bisa dilakukan atau diwujudkan. Mudah-mudahan terjaga dengan baik dan kita juga harus bertekad. Sehingga ini menjadi modal sosial untuk anak cucu kita di masa depan,” ucap Nalikan. 


Dandim 0812 Letnan Kolonel Arm Ketut Wira Purbawan mengungkapkan progres pembangunan fisik dan non fisik sudah mencapai akhir. Berdasarkan data terakhir capaian pembangunan fisik telah terlaksana 100%. Sedangkan, pembangunan non fisik infrastruktur jalan rabat beton 99%, RTLH 10 unit rata-rata progress 95%, pengerukan embung 95% nantinya pinggiran embut dapat ditanam jagung, singkong, maupun sorgum.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023