Februari

05

 2024

Tekan Stunting, Kades di Lamongan Dibekali Advokasi

 diskominfo
 311
 05-Februari-2024

Percepat penurunan angka stunting di Kabupaten Lamongan, kepala desa dan camat se-Kabupaten Lamongan terima pembekalan budgeting dan advokasi dari anggota Komisi IX DPR RI Muchamad Nabil Haroen. Hal tersebut tergambar melalui Sosialisasi Penurunan Stunting BKKBN dan Mitra DPR RI Muchamad Nabil Haroen di Gedung KORPRI Kabupaten Lamongan, Senin (5/2/2024).

Dikatakan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, momentum ini merupakan hal penting mengingat untuk mempersiapkan generasi-generasi ke depan menuju Indonesia emas 2045 mendatang. Tak hanya itu, di hadapan anggota Komisi IX DPR RI, Pak Yes (sapaan akrab Bupati Lamongan) mengenalkan program 1-10-100 (1 paket untuk 10 anak selama 100 hari) sebagai makanan tambahan untuk anak-anak penderita stunting.

“Selain kita melakukan edukasi dan sosialisasi, langkah nyata kita ada pemberian makanan tambahan dari donatur, perusahaan, dan lainnya melalui gerakan 1-10-100. Ada 2500-an lebih yang telah kita lakukan penambahan makanan dari program ini,” tutur Pak Yes.

Untuk mendukung program tersebut, kata Pak Yes, penguatan infrastruktur posyandu, pustu (puskesmas pembantu), puskesmas, maupun rumah sakit terus dioptimalisasi bersama sumber daya manusia (sdm) yang memadahi. 

“Kualitas sumber daya manusia Lamongan akan terus meningkat. Alhamdulillah sampai sata ini kualitas sdm yg bisa dibaca melalui IPM (indeks pembangunan manusia) setiap tahun mengalami kenaikan. Di Lamongan tahun 2023 besarnya 74,5, menunjukan kita berada di rata-rata atas Provinsi Jatim,” imbuh Pak Yes.

Mendengar hal tersebut, anggota Komisi IX DPR RI Muchamad Nabil Haroen mengaku senang melihat komitmen Pemkab Lamongan menekan angka stunting. Sehingga, selaku legislatif untuk menyerap aspirasi masyarakat, Gus Nabil, mengatakan siap untuk mengawal optimalisasi budgeting kebutuhan stunting di Lamongan, serta menyediakan advokasi. 

“Salah satu bentuk kesungguhan Pemerintah Kabupaten Lamongan dalam menekan angka stunting, oleh karenanya saya dengan sangat senang hati kemudian bagaimana bisa mengadvokasi kepentingan-kepentingan di Lamongan ini, dalam bentuk budgeting maupun legislasi. Sehingga bisa membuat Lamongan lebih cepat lagi angka stuntingnya turun, karena pemerintah tidak bisa sendiri legislatif tidak bisa sendiri, butuh peran serta dari masyarakat,” ucap anggota komisi IX RI yang akrab disapa Gus Nabil.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, seluruh kades se-Kabupaten Lamongan serta Camat se-Kabupaten Lamongan menerima pembekalan sosialisais dan KIE Program Bangga Kencana yang disampaikan oleh dr. Palupi Setyorini BKKBN Jawa Timur. 

Menurut dr. palupi, stunting yang merupakan kurangnya gizi pada balita selama masa 1000 hari pertama kehidupan, dapat menyebabkan terlambatnya perkembangan otak dan tumbuh kembang anak. Hal ini dapat menjadikan anak cenderung sulit mencapai prestasi, serta rentan akan penyakit. Yang diakibatkan pola asuh orang tua dan lingkungan kumuh. 

“Sejak usia 0 sampai 24 bulan, orang tua wajib memberikan simulasi pada balita. Simulasi untuk pertumbuhan fisik, pertumbuhan motorik, perkembangan kolektif, dan perkembangan sosio-emosional. Orang tua juga harus mengajak balita ke Posyandu untuk memantau pertumbuhan anak melalui kartu menuju sehat (KMS) dan mengikuti kegiatan bina keluarga balita (BKB) untuk memantau perkembangan anak meliputi KAK. Dan jangan lupa untuk memberikan imunisasi sesuai jadwal,” pungkasnya.


PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023