Januari

24

 2024

Bupati Yes Dorong Tranformasi Digital Bank Daerah

 diskominfo
 305
 24-Januari-2024

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mendorong Bank Daerah Lamongan (BDL) agar terus berinovasi, bersinergi, dan berkolaborasi mewujudkan transformasi digital banking.

Menurut Bupati yang akrab disapa Pak Yes, transformasi dalam dunia perbankan bersifat sangat penting karena saat ini memasuki era Society 5.0. Di mana lekat dengan disruption era atau dikenal dengan Vuca yang merupakan kepanjangan dari Volatility (hal terus berubah-ubah), Uncertainty (ketidakpastian), Complexity (kompleksitas permasalahan), dan Ambiguity (kegalauan atas peristiwa yang terjadi).

Maka dari itu diperlukan strategi manajemen yang komprehensif dan kualitas kepemimpinan yang memahami core value perusahaan.

"Dalam mendukung transformasi, kita harus memiliki strategi manajemen dan kualitas kepemimpinan yang layak atau saat ini disebut agile leadership. Karena efektivitas dari strategi juga tergantung dari kepiawaian pemimpin," tutur Pak Yes saat menjadi pemateri Sosialisasi Rencana Bisnis Bank (RBB) Perumda BPR BDL, Selasa (23/1/2024) di Tanjung Kodok Beach Resort Kecamatan Paciran.

Pada kesempatan tersebut orang nomor 1 di Kota Soto, akselerasi transformasi juga dapat dilakukan dengan growth mindset oleh seluruh komponen dalam BDL. Bahwasanya perbankan bukan hanya tentang keuntungan bunga, melainkan jasa layanan perbankan yang luas sehingga dapat berkontribusi membantu menghidupkan ekonomi daerah.

"Mindset harus diubah, BDL bukan koperasi. Perbankan itu harus memberikan jasa layanan perbankan yang luas. Yang mana di dalamnya juga terdapat edukasi untuk nasabah. Sehingga dapat membantu pertumbuhan ekonomi daerah, membantu kesejahteraan ekonomi masyarakat, dan tentu benefit bagi BDL," terang Pak Yes dihadapan Kepala Unit, Kepala Divisi, dan Kepala Bagian di Lingkungan BDL yang hadir.

Dengan go digital, BDL dipastikan akan memberikan kecepatan, kemudahan, dan efesiensi bagi nasabah. Tidak hanya itu, go digital juga pasti mempengaruhi pola kerja sumber daya manusia di BDL, yang tetap produktif di manapun, tetap memperhatikan aspek kesehatan, fleksibel dalam mengerjakan pekerjaan.

Pada pungkasnya Pak Yes mengharapkan jika go digital sudah diterapkan oleh BDL, maka harus sustainable. Agar dapat terus meningkatkan aset perbankan. Tahun 2023 aset BDL mengalami kenaikan, yakni 550 miliar dari angka 513 miliar di tahun 2022. Tidak hanya aset, kenaikan juga terjadi pada tabungan nasabah, kredit, deposito, pendapatan,  dan laba.

Dituturkan oleh Direktur Perumda BPR Bank Daerah Lamongan Dedy Rachmadi Wibowo, upaya realisasi transformasi digital perbankan oleh BDL sudah dimulai dengan penambahan 5 anjungan tunai mandiri (ATM) di tahun 2023 yang terletak Babat, Ngimbang, Tikung, Blawi, dan Kranji.

Sedangkan untuk program yang dicanangkan di 2024 ialah peluncuran BDL Mobile (yang dapat digunakan untuk transfer, cek history, cek saldo), layanan virtual account cash in-out, dan penambahan 7 ATM BDL baru, salah satunya akan di tempat di halaman Gedung Pemkab Lamongan.


PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023