Oktober

06

 2023

Kampung Tanggap Hibernasi, Konsep Desa Wisata Sustainable Tourism

 diskominfo
 335
 06-Oktober-2023




Desa Klagensrampat Kecamatan Maduran resmi dikukuhkan sebagai kampung tanggap hibernasi (hijau berseri dan berinovasi) oleh Komandan Kodim 0812 Letkol Arm Ketut Wira Purbawan dan Kepala Kepolisian Resor Kabupaten Lamongan AKBP Yakhob Silvana Delareskha, Kamis (5/10) di Balaidesa Klagensrampat.

Menyaksikan peresmian, Wakil Bupati Lamongan Abdul Rouf menuturkan Desa Klagensrampat memang patut disebut sebagai kampung tanggap hibernasi. Inovasi yang diusung Desa Klagensrampat diharapkan akan naik tingkat jadi desa wisata yang mengusung konsep sustainable tourism . Sustainable tourism adalah desa wisata yang memerhatikan dampak terhadap lingkungan, sosial, budaya, serta ekonomi untuk masa kini dan masa depan, baik bagi masyarakat lokal maupun wisatawan.

"Inovasi yang dimiliki desa ini memang patut dijadikan pioner desa lain. Terutama sangat mengutamakan kelestarian lingkungan dalam mengelola desanya, semoga kedepan akan dijadikan desa wisata dengan konsep melestarikan lingkungan," tutut Abdul Rouf.

Selanjutnya, orang nomor dua di Lamongan yang akrab disapa Pak Bro ini memberikan apresiasi terhadap Desa Klagensrampat karena dalam meluncurkan dan merealisasikan inovasi rumah hijau (tanaman dan sayuran), rumah dengan tanaman toga, mengelola sampah organik menjadi pupuk organik, pupuk cair, budidaya magot, dan pengelolaan sampah non organik menjadi paving block, serta menjadi barang kreasi yang memiliki nilai ekonomi. Terlebih inovasi tersebut mengusung tema jemput bola.

Meskipun baru berjalan selama 1 bulan, kegiatan yang fokus di bidang lingkungan ini diyakini mampu mengatasi permasalahan iklim, pemanasan global, dan sampah di wilayah setempat.

"Peresmian ini merupakan tindakan awal untuk melanjutkan inovasi megilan ini. Dalam mengimplementasikan desa tanggap hibernasi butuh konsistensi agar kampung ini dapat jadi iconic wisata yang peduli lingkungan dan tentunya dapat memutar perekonomian," tutur Komandan Kodim 0812 Letkol Arm Ketut Wira Purbawan saat memberikan sambuat pada kegiatan yang masih menjadi rangkaian Hut TNI 78.

Satu suara dengan Letkol Wira, Koordinator Nasional Jaringan Kampung Tematik Bambang Irianto menegaskan bahwa untuk bisa mewujudkan kampung tanggap hibernasi hingga desa wisata sustainable tourism dibutuhkan strategi dan manajemen yang baik dari pemerintah utamanya.

"Mari kita bergandeng tangan memberikan dukungan nyata kepada penggerak lingkungan. Karena saat ini dunia memasuki darurat iklim, yangmana penyebab utamanya ialah emisi,"  tegas Bambang.

Kepala Desa Klagensrampat Suliyono juga mengungkapkan bahwa diresmikannya desa tanggap hibernasi ini menjadi titik awal dari masterplan yang dibangun untuk menyelamatkan lingkungan dan menjadikan sebagai desa wisata.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Komunikasi Dan Informatika

Kontak

Jl. Basuki Rahmad No. 1, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan 62214
diskominfo@lamongankab.go.id
(0322) 321168

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Lamongan 2023