Maret

17

 2017

TKA ASAL TIONGKOK KABUR DARI KAPAL SAAT DIRAZIA

 bakesbang
 922
 17-Maret-2017

Tenaga kerja asing (TKA) ilegal asal Tiongkok kabur sebelum diamankan oleh Tim Pengawasan Orang Asing Lamongan yang tergabung dari Bakesbangpol, Imigrasi Kelas I Tanjung Perak Surabaya, Disnaker, Kejari, Kodim 0812, dan Polres Lamongan di PT Scorping Kecamatan Brondong dan PT Dok Kecamatan Paciran. Senin, (06/03/2017).

Petugas  melakukan penyisiran disetiap ruang basecamp hingga dapur PT. Scorping, di Desa Sedayulawas, Kecamatan Brondong. “Informasi yang kami terima, pagi tadi masih ada dua orang TKA asal Tiongkok di basecamp, tapi setelah kami datang siang ini mereka sudah tidak ada karena pergi ke Surabaya.” Ungkap Ketua Tim Bpk. Sudjito, SE.

Tak mendapatkan hasil di basecamp PT Scorping di Desa Sedayulawas, petugas bergegas menuju PT. Dok Pantai Lamongan Desa Kemantren, Kecamatan Paciran. Tim Pemantau Orang Asing mendapati satu TKA asal Singapura, dengan nama NG. Eng Shiong Phillip.

Dari hasil pemeriksaan Tim Pora, TKA dari Singapura memiliki dokumen imigrasi lengkap, mulai dari pasport, Izin Menggunakan Tenaga Kerja Asing (IMTA) hingga Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) yang masih berlaku.

Penelusuran Tim untuk mencari TKA di wilayah Lamongan tak berhenti sampai disitu, para petugas selanjutnya bergegas untuk melaksanakan pengecekan di laut tepatnya di Kapal Pioneer 88 yang sedang melaksanakan perbaikan di PT. DOK Pantai Lamongan.

“Terus kita tindak lanjuti, untuk melihat kapal yang dipakai operasional oleh para pekerja bekerja di tengah laut wilayah Brondong-Paciran, untuk mengambil bangkai kapal, ternyata kapal ini sendiri sudah beroperasi mulai bulan Agustus 2014,” Ungkap Bpk. Sudjito,SE.

Dari keterangan yang diperoleh Tim Pora, sambung Bpk. Sudjito,SE. di Kapal Pioneer 88 ini, pernah terdapat 15 orang TKA. Menurut informasi yang diperoleh petugas, 15 TKA tersebut, sudah kembali ke Tiongkok sejak Januari 2017 lalu.

Namun, di Kapal Pioner 88 ini, petugas kembali menemukan kejanggalan, seperti saat melakukan razia di PT Scorping. “Kalau saya lihat agak janggal, semua kamar-kamar di kapal-kapal ini dikunci, dan informasi yang kami terima, kuncinya dibawa oleh para tenaga kerja asing,” Pungkasnya.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik

Kontak

Jl. Lamongrejo No.92, Lamongan, Sidokumpul, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62214


bakesbangpol@lamongankab.go.id
(0322)321706

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Lamongan 2023