BAGIAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

KEGIATAN SAFARI RAMADHAN 1445 H / 2024 M KETIGA DI KECAMATAN LAREN


Lamongan, 25 Maret 2024      

          Acara pelaksanaan agenda Safari yang ketiga di bulan suci Ramadhan Tahun 1445 H/ 2024 M terlaksana di Masjid Al- Muhajirin Dusun Gampang Desa Gampangsejati Kecamatan Laren pada hari senin tanggal 25 Maret 2024 berjalan dengan lancar. pada acara tersebut di hadiri oleh Bapak Bupati Lamongan dan Wakil Bupati beserta jajaran Forkopimda, jajaran kepala OPD, dan pengurus MUI Kab. Lamongan , Pengurus Baznas Kab. Lamongan. pada acara terebut Kepala Bagian Kesejahteraan beserta Pejabat Fungsional dan Staf Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Lamongan turut hadir dan berpartisipasi dalam acara tersebut.

          Dalam kegiatan safari ramadhan hari ini, Pemerintah Kabupaten Lamongan berperan aktif hadirkan layanan operasi pasar, yang mana bertujuan untuk menekan inflasi bahan pokok yang berpotensi terjadi saat bulan ramadhan. "Alhamdulillah silaturahmi disini kami lengkapi dengan menghadirkan ragam pelayanan publik mulai dari UMKM, pelayanan kesehatan gratis, pelayanan administrasi, perbankan, hingga operasi pasar murah," tutur Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat menghadiri safari ramadhan minggu ketiga, Senin (25/3) di Desa Gampang sejati Kecamatan Laren. Dinyatakan oleh orang nomor satu di Kota Soto, pelayanan publik masih menjadi komitmen Pemkab Lamongan untuk mendekatkan dan memudahkan akses layanan bagi masyarakat hingga diwujudkan dalam program prioritas "100% Layanan Publik Berkualitas".

"Pelayanan publik yang berkualitas masih menjadi prioritas kami, karena dengan memberikan pelayanan yang berkualitas dipastikan akan memberikan dampak positif bagi masyarakat, mulai dari mudahnya akses hingga pertumbuhan ekonomi," kata Pak Yes sapaan akrabnya. Selanjutnya Pak Yes menjelaskan pelayanan tidak hanya tentang layanan administrasi kependudukan saja. Salah satu pelayanan publik lainnya ialah operasi pasar dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lamongan. Layanan tersebut menghadirkan bahan pangan dengan harga murah dan tentu berkualitas. Ditambahkan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lamongan Anang Taufik, operasi pasar tidak hanya digelar saat ramadhan saja. Melainkan hingga Januari 2024 sampai dengan hari ini  sudah 35 kali digelar. "Pasar murah kami adakan dengan tujuan menjaga kestabilan stok dan harga bahan pangan. Nah dalam safari ramadan aktif kami gelar karena saat bulan ramadan rawan terjadi kenaikan harga bahan pokok," jelas Anang. Operasi pasar sore ini menyediakan 2,5 ton beras (52 ribu rupiah/5 kilogram), tiga ratus botol minyak goreng, 500 kilogram gula. Diungkapkan oleh Kepala Desa Gampangsejati Suharto hadirnya ragam pelayanan pada safari ramadhan sangat membawa manfaat bagi masyarakat Laren. "Terimakasih banyak saya sampaikan, hadirnya safari ramadhan bersamaan dengan ragam pelayanan sangat membantu masyarakat Laren, karena pelayanan jadi semakin dekat, mudah, dan sangat membantu masyarakat," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Lamongan juga turut hadir memberikan pelayanan berupa permudahan pembayaran pajak PBB, diungkapkan Kepala Bapenda Lamongan Pujo Broto Iriawan bahwa pelayanan jemput bola yang dilaksanakan ini adalah guna mengefektifkan pembayaran dan penyerapan pajak. "Di sini pelayanan pembayaran PBB, ada banyak yang menggunakan fasilitas pelayanan ini, rata-rata dari jemput bola seperti ini pajak yang terkumpul antara Rp. 2 juta sampai Rp. 7 juta dari satu hari pelayanan seperti ini. Harapan saya, dengan hadirnya pelayanan ini masyarakat secara mandiri membayar kepada petugas, artinya bayar sekarang langsung menerima bukti pembayaran sekarang," ungkap Pujo.

            Semoga kegiatan seperti ini bisa teragenda setiap tahun nya oleh pimpinan Kabupaten Lamongan.