PUSKESMAS TIKUNG

Kegiatan kunjungan program kerja Tim Penggerak PKK Kabupaten di Kecamatan Tikung

Pada tanggal 15 September 2022 Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lamongan Ibu Anis kartika Yuhronur Efendi melaksanakan kegiatan kunjungan Kerja  ke Kecamatan Tikung. Adapun Desa yang dikunjungi adalah desa Balongwangi, Desa Kelorarum , Desa Soko dan Desa Wonokromo.

Tujuan dari kunjungan ini  adalah Pembinaan program PKK agar aktif kembali setelah kurang aktif karena adanya pademi selama 2 Tahun ini.  Selain pembinaan Ibu Tim Penggerak PKK membuka  sesi Tanya jawab untuk mengkaji dan menggali sebanyak mungkin informasi yang bisa di dapat secara teknis real dan empiris, Untuk dijadikan barometer dan pembanding yang kemudian masuk untuk menemukan sebuah pembaharuan yang aplikatif, baik untuk perencanaan  ke depan.

Dalam Kunjungan kerja tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lamongan Ibu Anis  Kartika Yuhronur Efendi didampingi bapak Camat Tikung, Muspika, Kepala Puskesmas Tikung, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Tikung  beserta pengurus,  menyempatkan bertemu  warga yang sakit untuk memberikan edukasi, dorongan moril serta bantuan sesuai apa yang dibutuhkan warga tersebut.  Dalam kesempatan ini Ibu Ketua Tim Penggerak PKK selain memberikan bantuan kepada para lansia juga memberikan bantuan kursi roda, tongkat dan  memberikan kemudahan bagi warga  yang memerlukan pengobatan melalui program HCS (home Care Service).  

Pelayanan kesehatan di rumah ( Home Care ) adalah pelayanan kesehatan yang berkesinambungan dan komprehensif  di berikan kepada individu, keluarga, di tempat tinggal mereka yang bertujuan untuk meningkatkan , mempertahankan, memulihkan kesehatan, kemandirian, dan meminimalkan kecacatan akibat dari penyakit. Sasaran dari program ini adalah keluarga rawan.

 Adapun  Yang termasuk kriteria  keluarga rawan adalah

1.      Keluarga tidak sehat hasil PISPK

  1. Kasus Penyakit Kronik
  2. Kasus Kongenital
  3. Lansia Terlantar
  4. Gizi buruk atau Stunting
  5. Kesehatan Jiwa