PUSKESMAS TIKUNG

PENILAIAN OMBUDSMAN DI PUSKESMAS TIKUNG 31 AGUSTUS 2022

PENILAIAN OMBUDSMAN DI PUSKESMAS TIKUNG 31 AGUSTUS 2022

Puskesmas adalah pelayanan pertama di bidang kesehatan, yang merupakan kebutuhan dasar masyarakat menjadi salah satu penilaian ombudsman.

Penilaian ombudsman ini dalam rangka melihat dan mengukur sejauh mana keseriusan pemerintah hadir melayani masyarakatnya. Untuk itu tim ombudsman  mendatangi Puskesmas Tikung untuk melihat  Standar pelayanan Publik di Puskesmas

Kegiatan ini  bertujuan perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan publik serta pencegahan maladministrasi melalui implementasi komponen standar pelayanan publik Puskesmas.

Kegiatan dilakukan dengan cara mendatangi langsung unit layanan dan berinteraksi dan wawancara dengan pegawai layanan dan pengguna layanan di Puskesmas Tikung. Selain itu, ombudsman juga memberikan penilaian pada kondisi Puskesmas, unit layanan dan pegawai yang melayani dengan indikator-indikator tertentu yang telah ditetapkan dan dapat dilihat secara fisik (tangibles) oleh masyarakat. diharapkan dengan penilain ini muncul Perbaikan peningkatan kualitas pelayanan publik serta pencegahan terhadap maladministrasi melalui pemenuhan standar pelayanan, pemenuhan sarana prasarana, peningkatan kompetensi penyelenggara layanan, serta kualitas pengelola pengaduan.