KECAMATAN PUCUK

SOSIALISASI PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT (PPKM) MIKRO TAHUN 2021 DI DESA PUCUK KECAMATAN PUCUK

KAMIS, 18/03/2021
Optimisme keberhasilan kebijakan PPKM dengan pendekatan berbasis mikro, atau di tingkat lokal, semakin kita yakini efektifitasnya dalam menekan kasus Covid-19 di Indonesia.
Keyakinan tersebut didasarkan pada beberapa fakta, bahwa setelah PPKM Mikro kita laksanakan hingga perpanjangan yang ke 3 melalui Inmendagri, telah terjadi penurunan jumlah penularan virus Corona di Indonesia. Indikator lainnya yang tampak adalah berkurangnya keterpakaian tempat tidur di RS serta menurunnya kasus positif covid-19.
Bila dari aspek kesehatan kita bisa melihat dari laju penularan, maka dari sisi sosial, PPKM berbasis mikro bisa dikatakan berhasil bila perilaku masyarakat mulai berubah. Masyarakat yang semula tidak mematuhi protokol kesehatan, berubah menjadi disiplin mencegah covid-19. Tentang seberapa signifikannya masyarakat memakai masker, menghindari kerumunan dan rajin mencuci tangan, serta mengurangi mobilitas.
Mobilitas dan interaksi penduduk yang tinggi, keramaian kerumunan ini terbukti dalam riset studi epidemiologi terakhir menjadi pemicu ledakan-ledakan kasus perburukan pandemi di satu negara atau wilayah,
Trims Kades Pucuk atas forum sosialisasinya.