KECAMATAN PUCUK

Artikel Kecamatan Pucuk

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Ramadhan telah berlalu, meninggalkan kasih syahduBetapa masa akan tersia, jika masih ada noda yang tersisa"Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H" *_Taqabbalallaahi Minna Wa Minkum Taqabbal Yaa Kariim_*

Selengkapnya
RAPAT KOORDINASI KEPALA DESA SE KECAMATAN PUCUK

Rapat koordinasi Kepala Desa se Kecamatan Pucuk dalam rangka untuk meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas Kepala Desa dan Perangkat Desa di bidang Penyelenggaraan Pemerintah, Pelaksanaan Pembangunan dan Pembinaan Kemasyarakatan yang di laksanakan di Pendopo Kecamatan Pucuk pada hari Selasa tanggal 15 Maret 2022.Acara tersebut yang di pimpin lansung oleh Camat Pucuk Bapak Suja'i, SH, MM. Pada kesempatan itu Bapak Camat memberikan arahan bahwa Pemerintahan Desa adalah Kepala Desa dibantu oleh Perangkat Desa. Kepala Desa berkedudukan sebagai Kepala Pemerintah Desa yang memimpin Penyelenggaraan Pemerintah Desa, Kepala Desa bertugas untuk Menyelenggarakan Pemerintahan Desa, Melaksanakan Pembangunan, Pembinaan Kemasyarakatan, dan Pemberdayaan Masyarakat.- Menyelenggarakan Pemerintahan Desa, seperti : tata praja Pemerintahan, penetapan peraturan di desa, pembinaan masalah pertanahan, pembinaan ketentraman dan ketertiban, melakukan upaya perlindungan masyarakat, administrasi kependudukan, dan penataan dan pengelolaan wilayah.- Melaksanakan Pembangunan, seperti : pembangunan sarana prasarana perdesaan, dan pembangunan bidang pendidikan, kesehatan.- Pembinaan Kemasyarakatan, seperti : pelaksanaan hak dan kewajiban masyarakat, partisipasi masyarakat, sosial budaya masyarakat, keagamaan, dan ketenagakerjaan.- Pemberdayaan Masyarakat, seperti : tugas sosialisasi dan motivasi masyarakat di bidang budaya, ekonomi, politik, lingkungan hidup, pemberdayaan keluarga, pemuda, olahraga, dan karang taruna.- Menjaga hubungan kemitraan dengan lembaga masyarakat dan lembaga lainnya.Dalam melaksanakan tugasnya, Kepala Desa bertanggung jawab memimpin dan mengkoordinasikan bahwasanya masing-masing dan memberikan bimbingan serta petunjuk-petunjuk bagi pelaksanaan tugas bawahan.

Selengkapnya
DETEKSI DINI PENCEGAHAN COVID-19

Giat deteksi dini pencegahan Covid-19 di SMPN 1 Pucuk, pada hari Rabu tanggal 2 Maret 2022 yang di hadiri oleh Sekretaris Camat Bapak Teguh Bagio, SSTP, MM dari Polsek dan Koramil Kecamatan Pucuk.Dalam kegiatan tersebut bertujuan untuk mendeteksi dini secara langsung dan dapat memberikan hasil diagnosis yang cepat yaitu hanya dalam waktu 15 menit. Tes tersebut dilakukan dengan metode swab atau usap untuk mengambil sampel dari sekresi hidung dan tenggorokan. Tes Antigen adalah tes imun yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan antigen virus tertentu yang menunjukkkan adanya infeksi virus saat ini. Rapid test antigen biasanya digunakan untuk mendiagnosis patogen pernapasan, seperti virus influenza dan respiratory syncytial virus (RSV). Oleh karena itu, masyarakat diharapkan memahami perbedaannya, jangan sampai metode swab ini disamakan sebagai tes PCR. Swab antigen tetap membutuhkan metode swab dari hidung atau tenggorokan untuk mengambil sampel Antigen yang merupakan protein yang dikeluarkan oleh virus, termasuk Covid-19.Antigen sendiri dapat terdeteksi ketika ada infeksi yang sedang berlangsung di tubuh seseorang. Oleh karena itu, rapid tes antigen dapat mendeteksi keberadaan antigen virus corona pada orang yang sedang mengalaminya. Antigen dianggap lebih akurat dari antibodi, karena antigen langsung merepresentasikan keberadaan virus di dalam tubuh.Rapid tes antigen paling baik dilakukan ketika seseorang baru saja terinfeksi virus. Sebelum antibodi muncul untuk melawan virus yang masuk ke tubuh, ada peran antigen yang bertugas untuk mempelajarinya. Lalu, keberadaan antigen itulah yang dideteksi.Rapid tes antigen paling baik dilakukan ketika seseorang baru saja terinfeksi virus. Sebelum antibodi muncul untuk melawan virus yang masuk ke tubuh, ada peran antigen yang bertugas untuk mempelajarinya. Lalu, keberadaan antigen itulah yang dideteksi.

Selengkapnya
PENGUKUHAN BUNDA PAUD DESA TAHUN 2022

Pengukuhan bunda PAUD desa se Kecamatan Pucuk pada hari Jum'at tanggal 25 Februari tahun 2022, hadir di Pengukuhan 15 Bunda PAUD Desa se-Kecamatan Pucuk oleh Bunda PAUD Kabupaten Ibu. Suyatmoko di Pendopo Kecamatan Pucuk. Bunda PAUD Kabupaten Ibu. Suyatmoko dalam arahannya menyampaikan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran yang strategis dalam pembangunan sumber daya manusia dan merupakan wadah untuk memaksimalkan pencapaian pertumbuhan dan perkembangan, Pendidikan Anak Usia Dini adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan. Tugas paling utama Bunda PAUD adalah memastikan bahwa anak-anak kita sudah terlayani oleh lembaga PAUD di wilayah kita masing-masing. 

Selengkapnya