PUSKESMAS SAMBENG

UPAYA PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN PENYAKIT DIARE PUSKESMAS SAMBENG

Sambeng (Kamis, 8/9/2022) Kegiatan penyuluhan upaya pengendalian dan pencegahan penyakit diare yang dilaksanakan di Balai Desa Candisari di wilayah Kerja Puskesmas Sambeng. 

Anak di bawah lima tahun (balita) sangat rentan terhadap berbagai penyakit, salah satunya adalah penyakit percernaan atau diare. Penyakit diare merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang utama di Indonesia, hal ini disebabkan karena masih tingginya angka kesakitan diare di Indonesia dari tahun ke tahun. Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa diare menduduki peringkat kedua sebagai penyebab kematian Balita di dunia padahal penyakit ini dapat dicegah dan diobati. Setiap tahun diare membunuh 525.000 balita dan menyebabkan 1,7 juta anak menderita diare di dunia.


Penyakit diare dapat disebabkan oleh perilaku dan lingkungan yang tidak sehat. Diare  dapat ditularkan melalui makanan/minuman yang terkontaminasi oleh virus penyebab diare. Diare juga terjadi  disebabkan oleh perilaku hidup tidak sehat dan mengkonsumsi makanan yang biasanya belum tentu terjamin masalah kesehatan dan kebersihannya. Oleh karena itu rencana intervensi yang akan dilakukan adalah melalui penyuluhan berupa penyampaian materi mengenai pencegahan terjadinya diare pada anak-anak dengan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Hal ini dilakukan untuk memperluas dan menambah informasi kepada masyarakat tentang bagaimana  cara mencegah penyakit diare, serta mendorong terciptanya partisipasi masyarakat untuk dapat melindungi dirinya dari penyakit diare. Selain itu untuk meningkatkan derajad kesehatan dengan mengajarkan kepada masyarakat bahwa dengan penerapan PHBS adalah hal yang penting dalam pencegahan penyakit diare.

Faktor penyebab diare secara umum, yang terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa  diakibatkan oleh infeksi usus yang terjadi ketika mengkonsumsi makanan atau minuman yang kotor dan terkontaminasi bakteri, parasit atau virus seperti norovirus dan rotavirus. Diare juga bisa disebabkan karena  efek samping obat-obatan tertentu, mengkonsumsi minuman beralkohol dan kopi yang berlebihan.

Berikut adalah 5 cara ampuh menghentikan diare tanpa obat :

1. Minum air putih. Penderita diare diajurkan untuk memperbanyak minum air agar tubuh tetap terhidrasi.

2. Perbanyak mengkonsumsi serat larut.

3.Sering makan namun dengan porsi kecil

4. Konsumsi probiotik

5. Hindari asupan penyebab diare