PUSKESMAS SAMBENG KABUPATEN LAMONGAN

Berita

Berita 25 Juni 2024

Kelas Ibu Hamil di Desa Kedungbanjar Kecamatan Sambeng

Puskesmas Sambeng melaksanakan kegiatan kelas ibu hamil di desa Kedungbanjar Kecamatan Sambeng, Kelas ibu hamil adalah kelompok belajar bagi para calon ibu tentang kesehatan bagi ibu hamil secara keseluruhan. Tujuan diadakannya kelas ini adalah mengedukasi ibu hamil agar dapat menjalani proses kehamilan dan persalinan lancar, serta melalui fase awal kehidupan bayi dengan bekal pengetahuan dasar.

Kelas ibu hamil bertujuan untuk memberikan banyak pengetahuan, memungkinkan ibu hamil untuk memahami proses kehamilan dan persalinan yang kompleks, mendorong gaya hidup sehat, dan mempersiapkan diri untuk menyambut kehidupan baru ke dunia. Selain itu, kelas ini memberdayakan wanita dengan menanamkan rasa percaya diri, mengurangi kecemasan, dan menciptakan jaringan pendukung antara ibu-ibu calon. 


Meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang kehamilan merupakan tujuan utama dari kelas ibu hamil. Mengandung kehidupan baru adalah perjalanan yang mendalam, penuh dengan perubahan biologis, fisiologis, dan emosional.

Kondisi Ini bisa menjadi hal yang membingungkan, terutama bagi ibu yang baru pertama kali hamil. Di sinilah pentingnya kelas ini, memberikan pengetahuan dan pemahaman yang mendalam tentang proses kehamilan. 

Di kelas ibu hamil, Bidan Puskesmas Sambeng akan memberikan Edukasi/ pengetahuan, tanya jawab lengkap seputar apa saja yang harus diketahui oleh seorang ibu selama hamil dan senam hamil ringan. Mulai dari gizi seimbang ibu hamil, persiapan menghadapi proses persalinan, perawatan pasca persalinan dan nifas, hingga perawatan bayi baru lahir.