KECAMATAN PUCUK

KOPERASI: PENGUATAN PILAR EKONOMI DI MASA PADEMI COVID-19

Merefleksikan peran aktor dari salah satu pilar perekonomian Indonesia, yakni koperasi, di era pandemi covid-19, patut mendapatkan perhatian ekstra dari kita.
Kemampuan koperasi untuk menata ulang keberadaan dan perannya, perlu dikonsolidasikan kembali kekuatannya untuk mengembalikan koperasi sebagai salah satu kekuatan pilar ekonomi bangsa.
Pandemi ini sudah mendirupsi kinerja koperasi yang tersebab dari banyak faktor. diantaranya, terjadi penurunan omset hingga terhambatnya penyaluran modal.
Dengan melihat bahwa koperasi merupakan badan usaha yang berbasis orang (people based) dan merupakan bentuk dari bangun perusahaan yang berbeda secara mendasar dengan bisnis berbasis modal (capital-based), upaya memperjuangkan untuk meningkatkan pemberdayaan koperasi dan mengembalikan kekuatannya, merupakan fokus konsentrasi terpenting. Mengingat urgensi koperasi memiliki probabilitas positif sebagai kontributor 'penyumbang darah' dari 'lesunya' perekonomian.
Memperhatikan tantangan yang berkembang, dan konsistensi kita untuk tetap menempatkan koperasi sebagai salah satu pilar perekonomian bangsa, untuk merespons hal yang timbul akibat pandemi covid-19, tentunya sangat diperlukan strategi implementatif untuk itu.
Penguatan kelembagaan, peningkatan kualitas dan kapasitas koperasi serta pembiayaan yang diperlukan untuk memperluas alternatif sumber permodalan, merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditunda waktunya.