KECAMATAN PUCUK

SOSIALISASI PPKM MIKRO DAN KAMPUNG TANGGUH SEMERU.

Acara yg diinisiasi oleh pemdes Warukulon pada hari Selasa, 02/03/2021 bertempat di Balai desa Warukulon, Saya menemukan pertanyaan menarik dari peserta sosialisasi, terkait apa hubungan PPKM Mikro dengan Kampung Tangguh Semeru (KTS)?
Barangkali pertanyaan tsb, juga mewakili banyak keingintahuan dari sebagian besar stakeholeder desa dan masyarakat.
Secara ringkas dan normatif pada kesempatan itu, saya yang kebetulan juga sebagai sekretaris satgas kec, memberikan jawaban, bahwa "khususnya di Jatim, pelaksanaan PPKM Mikro dilaksanakan melalui embrio yang telah dimiliki oleh kita jauh sebelumnya, yakni Kampung Tangguh Semeru (KTS).'
Kampung Tangguh Semeru (KTS) sendiri merupakan inovasi yang diciptakan oleh Polda Jatim bersama dengan Pemprov Jatim, Kodam dan Pemkot/Kab. se Jatim dan Perguruan Tinggi dg menciptakan satuan terkecil berbasis partisipasi masyarakat yang mampu bergotong royong dalam penangan covid-19.
KTS adalah bentuk kearifan lokal yg ada di Jatim yang akan membantu masyarakat melaksanakan edukasi protokol kesehatan, yang sesuai dengan rekomendasi WHO.
KTS sebagai fasilitasi kegiatan dan dengan memanfaatkan modal sosial yang dipunya, akan bersinergi memperkuat pelaksanaan PPKM Mikro yg berbasis masyarakat (RT, RW maupun desa).
#KTS memperkuat PPKM Mikro

Anda, Wahyu Agus Hartono, Chandra Ayu Septiani dan 16 lainnya