KECAMATAN PUCUK

PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL SEBAGAI FOKUS PRIORITAS DAN UPAYA MENINGKATKAN PERAN BUMDES. (PEMBINAAN BUMDES SE KEC. PUCUK)

Pendopo kec.Pucuk (Senin/1/3/2021)
Satu diantara tiga fokus prioritas penggunaan Dana Desa untuk Tahun 2021, adalah pemulihan ekonomi nasional. Di mana Dana Desa dapat digunakan untuk membentuk, mengembangkan dan merevitalisasi BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) maupun BUMDesma (Badan Usaha Milik Desa Bersama).
Pemulihan ekonomi menjadi prioritas utama dalam penggunaan Dana Desa tahun ini, menyusul pandemi COVID-19 yang telah melumpuhkan perekonomian Indonesia.
Opsi penyelamatan ekonomi nasional untk konteks pedesaaan dg revitalisasi peran Bumdes, bersama kehadiran pemerintah, termasuk kecamatan sebagai fasilitator utamanya, merupakan pilihan yang sangat adaptif dan strategis.
Meningkatkan ketahanan masyarakat desa, dengan pendekatan pemberdayaan masyarakat atau komunitas, dengan menggunakan dan memanfaatkan sumber daya lokal, phisik maupun pranata sosial, akan lebih mampu menyelamatkan diri mereka menghadapi pengaruh yang ditimbulkan dari pandemi yang berkepanjangan ini, termasuk pada aspek ekonominya.