KECAMATAN PUCUK

SIKS-NG: INOVASI YANG MENGEMUKA (BERSAMA TKSK KEC. PUCUK)


Berdiskusi tentang variable sosial apalagi menyangkut konstruksi yang dinamis akan selalu menarik untuk diikuti.
Tidak juga berkenaan dengan data kemiskinan dan indikator serta dinamisasi perubahannya, merupakan pilihan topik yang mempengaruhi empati siapapun itu.

Kenapa demikian?
Hal itu tersebab sensitifitas kemiskinan akan mengemuka kemudian, ketika itu berhubungan dengan kebijakan intervensi negara, untuk hadir dan menyelesaikan permasalahan rakyat pada strata tersebut.

Dengan mengingat kepentingan yang ada, keberadaan data sebagai salah satu penentu sasaran pemberian bansos dan penentu berhasil tidaknya program pengentasan kemiskinan, akurasi dan validitas sasaran secara evaluatif sangat diperlukan ketersediannya.

Sistem.Informasi.Kesejahteraan Sosial Nex Generation (SIKS-NG), hadir dan merupakan aplikasi yang inovatif dan solutif dari Kemensos RI bagi pengelolaan data kemiskinan terpadu, yang efektif dan efisien serta transparan untuk memberi kontribusi dalam penurunan angka kemiskinan di Indonesia.

SIKS-NG mengelola data mikro tentang status sosial ekonomi keluarga dan individu dengan meliput data demografi, pendidikan, kesehatan, kepemilikan asset dan kepesertaan program bansos/subsidi.

Dengan demikian interkoneksitas SIK-NG akan berkontribusi dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) untuk mengakhiri kemiskinan, dalam berbagai bentuknya dan dapat menjamin keberhasilannya.