KECAMATAN PUCUK

KOMUNIKASI SOSIAL DAN PEMBANGUNAN (BERSAMA SIE PPM, PD DAN JAJARAN BKAD DAN BUMDESMA)


Komunikasi lebih merupakan proses, yang pada hakekatnya merupakan kaitan hubungan pengoperan apa itu fakta, keyakinan atau informasi untuk membangkitkan respons pihak lain.

Peran komunikasi sosial dan pembangunan di semua era, menempati posisi yang sangat strategis untuk menempatkan dukungan masyarakat terhadap penerimaan ide perubahan. Karena dengan formulasi apapun pembangunan terumuskan, esensinya sebagai perubahan untuk tujuan yang diinginkan bersama.

Memahami bahwa pembangunan sebagai upaya perubahan yang bermakna menuju pada kualitas sistem sosial ekonomi yang lebih baik sesuai dengan keyakinan paradigmatisnya, maka yang perlu dipahami dengan maksud proses perubahan itu bahwa itu tidaklah semata-mata dan sekadar untuk menunjukkan proses perubahan belaka, melainkan konsensus itu harus digambarkan secara jelas tujuan yang hendak dicapai dari proses perubahan itu sendiri.

Oleh karena itu, dalam prespektif komunikasi sosial dan pembangunan, yang paling penting adalah bagaimana cara mengembangkan kegiatan komunikasi tentang perubahan sosial kepada masyarakat dengan fokus kebutuhan mengenai pentingnya perubahan pada mereka dan mengapa harus dilaksanakan dan mengapa pula harus di dukung.