KECAMATAN PUCUK

SIKS-NG KEMENSOS (Mengkoordinasikan Rencana Kegiatan Pelatihan Operator DTKS Tingkat Desa dengan TKSK Kec. Pucuk

Kemensos sebagai pelaksana program penanggulangan kemiskinan mengimplementasikan banyak program. Mulai dari program perlindungan dan jaminan sosial, rehabilitasi sosial, pemberdayaan sosial dan program penanganan fakir miiskin.

Mengingat variatifnya indikator pengukuran program-program diatas, serta dinamisnya perubahan tingkat perkembangan kesejahteraan, maka demi keadilan dan keberhasilan penanggulangan kemiskinan tentunya penanganannya tidak hanya ditentukan oleh program-program yang tepat dan inovatif saja, melainkan harus didukung pula oleh data yang valid dan up to date serta ukuran kriteria kemiskinan yg presisif dan akuratif.

Untuk mengkoordinasikan kepentingan data yang faktual, diperluka penguatan menejemen sistem informasi perlindungan sosial dengan penerapan satu data terpadu nasional melalui aplikasi SKS-NG, sistem informasi kesejahteraan sosial next generation.

SIKE-NG adalah sistem informasi yang mendukung proses pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang tujuannya menyediakan data kemiskinan yang akurat, up to date, dan terintegrasi dengan pengelolaan data di lapangan sehingga penyaluran bansos bisa tepat sasaran. Semoga!