KECAMATAN PUCUK

UPAYA MENINGKATKAN BERGAINING USAHA: RENCANA PEMBENTUKAN PAGUYUBAN UMKM KEC. PUCUK (Bincang Serius Dengan Pelaku UMKM Kec. Pucuk)

Siapapun setuju, bahwa konjungtur ekonomi bidang industri dan perdagangan dimanapun negara, saat ini dan masa mendatang, akan senantiasa berhadapan dengan tantangan yang tidak ringan.

Terlepas dari dinamisnya perubahan sistem tata perdagangan bilateral dan dunia berikut pandemi covid-19, pengaruhnya juga akan terasa sampai pada tingkat level UMKM seperti yang kita hadapi sekarang.

Kerasnya persaingan di dunia usaha, berikut harapan kita bahwa peran UMKM harus tetap terjaga dengan baik, apapun masalahnya, tentu akan memerlukan perhatian ekstra pada banyak aspeknya, termasuk bagaimana memberikan empowerment sebagai upaya meningkatkan bargainning sektor ini, seperti mengkodifikasi para pelaku UMKM dalam organisasi, seperti asosiasi, paguyuban atau sejenisnya.

Mengikat para pelaku UMKM pada satu komunitas atau asosiasi, merupakan sarana pembuka untuk memfasilitasi para pelaku UMKM membuka koneksi dengan para pelaku profesional kewirausahaan misalnya. Menjadikan alat yang dapat digunakan untuk perjuangan ekonomi mempertinggi kesejahteraan anggotanya.

Semoga tidak lama setelah pertemuan saya dengan pelaku UMKM tersebut, menjadi embrio bagi terbentuknya asosiasi, atau paguyuban, dan atau kelompok dari para pelaku UMKM di kecamatan Pucuk.

Paguyupan UMKM, yang rencananya dibentuk, akan menjadi wadah interaksi usaha untuk saling berkontribusi menyampaikan pemikiran dan pengalamannya membangun dan mengembangkan kekuatan usahanya.