KECAMATAN PUCUK

PEMBANGUNAN YANG TERUS BERGERAK

Kontinuitas proses pembaharuan untuk membawa masyarakat pada keadaan yang lebih baik, secara terminologis telah melahirkan makna pembangunan identik dengan banyak tema, tetapi sering kali kita menyamakan beberapa tema lain yang sesungguhnya berlainan arti.

Dengan tidak bermaksud masuk pada area dikhotomi teoritis tentang aliran dari teori pembangunan yang ada; Hal yang pasti dalam prosesnya, pembangunan memerlukan hubungan keterlibatan yang mutlak terhadap beberapa kondisi yang diinginkan oleh perubahan itu sendiri.

Penting artinya kemudian, sugesti tentang implikasi pembangunan dihadirkan sebagai titik fokus dan orientasi proses-prosesnya sehingga upaya dan keberadaan pembangunan yang coba di introdusir akan mendapat dukungan ditengah values yang diyakini masyarakat.

Dukungan masyarakat terhadap masuknya setiap ide pembangunan, akan memberi energi dorongan untk tumbuhnya kebersamaan dan kemerataan nilai dan kesejahteraan, yang direfleksikan pada bentuk pernyataan dan menaruh kepercayaan kepada masyarakat untk membangun dirinya sendiri dan sebagainya dan sebagainya.