Agustus

22

 2024

Lolos Seleksi, Desa Turi Kecamatan Turi Wakili Kabupaten Lamongan dalam Lomba APJW 2024




APJW atau Anugerah Patriot Jawi Wetan II 2024 adalah kegiatan yang diprakarsai oleh tiga pilar tingkat provinsi yakni, Polda Jatim, Kodam V/Brawijaya, serta Pemerintah provinsi Jawa Timur. Kegiatan ini juga menggandeng Harian Disway dalam penyelenggaraannya. 

Kabupaten Lamongan adalah salah satu kabupaten yang sudah memiliki 5 Desa terbaik untuk diseleksi tingkat provinsi. Dari 5 delegasi yang dikirimkan dari Kabupaten Lamongan, semuanya telah memberikan penjelasan dan dokumentasi lengkap terhadap semua aspek yang menjadi indikator penilaian. Tak hanya itu, program-program yang disajikan juga cukup menarik dan bermanfaat bagi warga sekitarnya.

Desa Turi merupakan salah satu dari tiga desa yang dinyatakan lolos seleksi untuk mewakili Kabupaten Lamongan dalam lomba APJW II 2024 tingkat provinsi. Taufiqurrahman, salah satu tim penyeleksi pusat APJW II 2024 mengatakan bahwa "Desa ini memiliki budidaya melon dan kegiatan pertanian yang memadai. Dari segi aspek keamanan, Desa Turi banyak melakukan kegiatan koordinasi bersama Babinsa dan bhabinkamtibmas".

Melon Desa Turi Memang menjadi Produk Unggulan Desa (PRUKADES). Diinisiasi oleh 3 pilar, lahan tidur disulap menjadi Green House budidaya melon dengan media tanam menggunakan polybag sebagai wadah tanam. Media tanam yang biasa digunakan terdiri dari pasir ladu, arang sekam, kompos terfermentasi, dan dolomit. Pemilihan media tanam yang tepat membantu dalam pertumbuhan yang optimal.

Dirasa cukup berhasil dengan metode polybag, kini Desa Turi juga sudah mulai membangun Green House baru dengan menggunakan sistem hidroponik. Salah satu pendekatan yang umum digunakan dalam budidaya melon di Green House adalah sistem hidroponik, sistem ini memungkinkan tanaman melon tumbuh tanpa menggunakan tanah, dengan memberikan nutrisi melalui larutan nutrisi yang disalurkan langsung ke akar tanaman.

Diharapkan nantinya Green House melon Desa Turi mendapatkan hasil panen yang lebih terjamin, pengendalian hama dan lingkungan yang optimal, serta kemudahan dalam perawatan tanaman, sehingga hasil panen optimal dan menghasilkan buah yang berkualitas tinggi.

Web Instansi

Pengunjung

Hari Ini ..
Kemarin 0
Minggu Ini ..
Minggu Lalu 0
Bulan Ini ..
Bulan Lalu 0
Tahun Ini ..
Semua ..

© Pemerintah Kabupaten Lamongan 2022

#LaporPakYES