Agustus

20

 2024

Desa Turi Lamongan Masuk 15 Besar Nasional Desa Brilian 2024 Batch 2

Desa Turi Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan Jawa Timur masuk nominasi 15 besar nasional sebagai Desa BRILiaN 2024 Batch 2, berdasarkan hasil penilaian dari PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) (Persero) Tbk. Bersama Pusat Penelitian Pedesaan dan Pengembangan Daerah (Puslitdesbangda) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Latar belakang pelaksanaan New Desa BRILiaN Tahun 2024 berkaitan dengan pengembangan desa sebagai suatu proses yang diarahkan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang tinggal di desa. Serangkaian program pengembangan Desa BRILiaN batch 2 tahun 2024 yang diselenggarakan oleh BRI dengan Puslitdesbangda LPPM UNS telah dilaksanakan.

Desa dengan penduduk 3243 jiwa pada tahun 2024, tersebar di 2 dusun yakni dusun Turi dan dusun Gembluk. Mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani, namun juga terdapat pedagang, peternak, dan wiraswasta. Selain itu, usaha kerajinan anyaman tas plastik menjadi salah satu mata pencaharian yang cerah di desa ini.

Mengangkat potensi produk unggulan desa (Prukades) berupa budidaya tanaman hortikultura buah melon dengan sistem green house dan sentra industri kerajinan tas anyaman plastik, Desa Turi berhasil menembus 15 besar Nasional Desa Brilian 2024 Batch 2.
Kepala Desa Turi, Abdul Rochman mengatakan sejumlah potensi desa terus dikembangkan seperti pembibitan buah melon, kebun buah melon, potensi wisata, dan lain sebagainya.  “Keberlangsungan budidaya buah melon dengan sistem green house menjadi salah satu unggulan,”. Buah Melon telah lama menjadi salah satu ikon desa. Desa Turi dikenal sebagai salah satu produsen buah melon terbesar di Kecmatan Turi Kab Lamongan.

Program Desa BRILiaN bertujuan untuk menghasilkan role model dalam pengembangan desa melalui praktik kepemimpinan unggul dan semangat kolaborasi berbasis Sustainable Development Goals.  Selama rangkaian program ini, peserta desa mendapatkan berbagai pelatihan, termasuk Leadership & Penguasaan Kompetensi, Kelembagaan Desa & BUMDes, Entrepreneurship, Inovasi Desa, dan Digitalisasi Desa.

Setelah sukses masuk nominasi 15 besar nasional, Desa Turi akan mendapatkan pelatihan dan pendampingan dari UNS dan juga BRI, yang selanjutnya akan dipilih lagi 5 desa dengan potensi terbaik. Kepala Desa Abdul Rochman berharap, pada penilaian lima besar nasional nanti, Desa Turi bisa terpilih kembali.

Web Instansi

Pengunjung

Hari Ini ..
Kemarin 0
Minggu Ini ..
Minggu Lalu 0
Bulan Ini ..
Bulan Lalu 0
Tahun Ini ..
Semua ..

© Pemerintah Kabupaten Lamongan 2022

#LaporPakYES