Disnakeswan Lamongan Terima Kunjungan dari Komisi II DPRD Kabupaten Tanah Laut, Pelajari Inovasi TERSAPUJAGAT

Posted By Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan | 02 Februari 2024

Pada Jum'at(2/2) Disnakeswan Lamongan menerima kunjungan kerja dari Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Laut guna mempelajari penerapan inovasi Disnakeswan Lamongan yaitu Ternak Sapi Usaha Jagung Meningkat (TERSAPUJAGAT).

Seperti disampaikan Plt. Kepala Disnakeswan Lamongan Moch Wahyudi dalam paparannya  bahwasanya Tersapu Jagat merupakan pengembangan usaha ternak sapi potong yang terintegrasi dengan pengembangan pertanian jagung modern yang saling menguntungkan, dimana kotoran sapi dikelola menjadi pupuk organik dan sebaliknya limbah jagung dimanfaatkan sebagai pakan ternak.


Tersapu Jagat berdampak terhadap peningkatan usaha peternakan, tambahan pendapatan, mengurangi biaya produksi, serta limbah ternak yg ada di anggota kelompok ternak di setor ke kelompok untuk dibeli. Hasil limbah tersebut digunakan untuk membayar premi asuransi untuk ternak maupun BPJS Ketenagakerjaan, imbuhnya.

Dalam kesempatan ini Ketua Komisi II DPRD Kab. Tanah Laut juga menyampaikan bahwa Kab Tanah Laut merupakan sentra ternak sapi, dan ternak ayam . Limbah pertanian dan limbah peternakan yang ada belum dimanfaatkan secara maksimal, sehingga kedepannya akan mendorong pemanfaatan limbah pertanian dan peternakan sebagaimana yang telah didapat setelah mempelajari inovasi Tersapujagat ini.