Agustus

21

 2024

Festival Gandrung Rajungan Potensi Kuliner dan Wisata Lamongan

Berita 21 Agustus 2024

Festival Gandrung Rajungan Potensi Kuliner dan Wisata Lamongan

Rangkaian perayaan HUT Republik Indonesia yang ke 79,  masyarakat Desa Blimbing, Kecamatan Paciran gelar Festival Budaya Gandrung Rajungan tahun 2024 Rabu siang, (21/8/2024) di Halaman Rumah Nelayan TPI Lama Brondong.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi yang menyaksikan langsung pesta rakyat tersebut sangat bangga dan menuturkan bahwa Lamongan memiliki banyak potensi hasil laut dan kuliner. Selain itu acara tersebut bertujuan untuk mempromosikan wisata di kawasan pesisir Lamongan.

“Festival yang diselenggarakan rutin oleh masyarakat Alhamdulillah gemanya luar biasa, ini menegaskan di Paciran, Brondong melimpah sekali kuliner rajungan tidak hanya dagingnya kulitnya juga,” katanya.

Oleh sebab itu ia mengingatkan kembali kuliner di Lamongan tak hanya Soto Lamongan melainkan ada masakan khas pesisir dengan bahan dasar rajungan. Selain itu Bupati Yuhronur juga selain daging, cangkang dan kulit juga menjadi bahan ekspor.

“Ada beberapa asosiasi, tidak hanya dagingnya tapi termasuk cangkang dan kulitnya untuk tepung, dan sebagainya,” ujarnya.

Selain hiburan dalam festival panitia juga menggelar lomba gerak jalan, cipta menu kuliner dan tangkapan rajungan terbesar.


Sumber : rri.co.id

DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN

Jl. Sunan Giri No.1, Tumenggungan, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62215, Indonesia
Telepon: (0322) 311919
E-mail: disparbud@lamongankab.go.id
© 2024 Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan