Juli

28

 2024

Pemkab Lamongan Tanam 1.000 Pohon Mangrove di Pesisir Pantai Klayar

Berita 28 Juli 2024

Pemkab Lamongan Tanam 1.000 Pohon Mangrove di Pesisir Pantai Klayar

Pemerintah Lamongan (Pemkab) bersama masyarakat Desa Sidokelar menanam 1.000 pohon mangrove di pesisir  Pantai Klayar, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan.

Penanaman pohon mangrove dalam rangka memperingati world mangrove day yang jatuh tepat pada 26 Juli ini diharapkan mampu mencegah abrasi.

“Ini sesuatu yang luar biasa, pohon mangrove mempunyai manfaat banyak sekali secara ekonomi maupun ekologi.

Utamanya untuk abrasi, kita dihadapkan adanya abrasi atau pengikisan pantai kalau tidak kita cegah ini akan terus berlangsung,” kata Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, Jumat (26/7/2024).


Pak Yes sapaan akrab Bupati Lamongan menjelaskan, pohon mangrove mampu memperbaiki ekosistem biota laut serta sebagai mitigasi pantai dari gelombang arus laut, tsunami, erosi hingga lainnya.


Tidak hanya itu, Pak Yes menyebut, mangrove merupakan tanaman paling efektif dalam penyerapan karbon dengan 3-5 kali lebih banyak daripada hutan tropis daratan.


“Menyebarkan udara segar dan penyediaan oksigen paling baik berasal dari mangrove,” imbuhnya.


Untuk keberlangsungan kelestarian alam, Pak Yes berpesan masyarakat dapat turut memelihara pohon mangrove agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat hingga generasi masa depan.

Keindahan alam, kelestarian lingkungan yang merupakan sasaran fisik dapat diwujudkan melalui sasaran non fisik berupa kepedulian, ketanggapan, dan gotong royong.


“Kepedulian terhadap lingkungan harus kita asah, dengan bersinergi, menumbuhkan melestarikan semangat gotong royong.


Bahwa kebersamaan warisan nenek moyang ini harus kita lestarikan, dan diwariskan ke anak cuci kita. Harapannya penanaman bukan hanya disini tapi di tempat lain, diwujudkan keseimbangkan antar mahluk hidup,” ucapnya.


Sementara itu, Penanaman mangrove yang prakarsai oleh PT PNM Cabang Lamongan sebagai bentuk tanggung jawab sosial lingkungan.


Pimpinan Cabang PNM Cabang Lamongan, Anang Fatkhur Rochman mengungkapkan alasan PNM cabang Lamongan memilih penanaman mangrove didasarkan pada manfaat yang diperoleh dari pohon mangrove mulai akar sampai buah.


“Hari ini memilih penanaman mangrove kami mencoba melihat potensi mangrove, apalagi buah mangrove bisa sumber bahan makanan, daunnya bisa diolah menjadi makanan ringan sebagai kripik, batangnya jika di jadikan serbuk menjadi protein ternak.


Akarnya mencegah abrasi dan erosi. Mudah-mudahan menjadi titik awal kami menjadilan PNM manfaat jangka panjang bagi masyarakat,” pungkasnya.


Sumber : tabloidsuksesinasional.com

DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN

Jl. Sunan Giri No.1, Tumenggungan, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62215, Indonesia
Telepon: (0322) 311919
E-mail: disparbud@lamongankab.go.id
© 2024 Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan