Serunya Menikmati Liburan Nataru di Watungkal Edupark Destinasi Wisata Edukasi di Lamongan

Bingung mau ngisi waktu liburan Natal dan Tahun Baru, datang saja ke Kabupaten Lamongan Jawa Timur.

Lamongan selain di kenal dengan beragam aneka macam kuliner, juga dikenal dengan sejumlah lokasi wisata yang menarik seperti Wisata Bahari Lamongan (WBL), Maharani Zoo & Goa (MZG), Sunan Drajat, Pantai Kutang, Waduk Gondang, G-Park dan masih banyak lagi.

Yang terbaru, Kabupaten Lamongan menawarkan keunikan dalam wisata buatan yang memadukan keindahan alam dengan pembelajaran yakni tempat wisata di Watungkal Edupark Sendangagung (WES).

Lokasi wisata yang yerletak di Desa Sendangagung, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, tempat ini menjadi pilihan menarik untuk liburan Natal dan Tahun Baru bersama keluarga atau teman-teman.

Dengan akses yang mudah, baik menggunakan motor maupun mobil pribadi dengan jarak tempuh sekitar 38 km dari kota Lamongan, Watungkal Edupark Sendangagung menyuguhkan pemandangan indah dari ketinggian serta menyediakan berbagai kegiatan menarik.

Salah satu daya tarik utama Watungkal Edupark Sendangagung adalah kesempatan untuk mengikuti kegiatan outbond sambil belajar membatik.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan, Siti Rubikah, menjelaskan bahwa Watungkal Edupark Sendangagung (WES) merupakan wujud dari Desa Berdaya, yang menjadi wadah pembelajaran, pelatihan, dan tempat berkumpulnya UMKM di Desa Sendangagung.

Menurut Siti Rubikah, di tempat wisata ini selain bisa menikmati pemandangan alam dan Laut Pantura, pengunjung dapat bermain di taman, berenang di kolam renang, serta menjelajahi produk – produk UMKM setempat, termasuk Batik Sendang dan menikmati makanan khas setempat yakini Sego Muduk.

Nama Watungkal sendiri berasal dari gabungan kata Watu dan Ungkal (Batu dan asahan), menggambarkan keberadaan batu pengasah di desa ini.

“Tempat ini tidak hanya untuk berwisata, tetapi juga sebagai tempat belajar. Salah satunya menyediakan outbond sebagai wahana belajar sambil bermain dan kesempatan untuk belajar membatik. Memahami proses membatik, mulai dari pengolahan bahan hingga menjadi kain batik siap pakai, dapat dipelajari di Watungkal,” jelasnya.

Selain itu, Watungkal Edupark Sendangagung menjadi tempat bagi pecinta burung berkicau dengan adanya gantangan burung untuk berkontes. Setelah menikmati berbagai kegiatan, pengunjung dapat mampir ke Qilen Watungkal yang menyediakan makanan dan minuman.

“Watungkal Edupark Sendangagung menjadi tempat kegiatan masyarakat yang bersifat edukatif, memperkenalkan kearifan lokal di bidang industri kerajinan yang ada di desa Sendangagung,” ungkapnya.

Pengunjung juga memiliki kesempatan untuk belajar membatik secara langsung dari perajin batik Sendang yang memiliki karakteristik khas, seperti motif burung Slempang, motif gapuro tanjung kodok, motif paten, motif pathetan, motif gendang ceplik bandeng lele, dan lainnya.

Nah bagaimana ? jika anda ingin pengalaman berwisata yang unik dan menikmati libur Natal dan Tahun Bari tak salahnya anda mengunjungi wisata edukasi Watungkal Edupark Sendangagung.

Jangan lupa usai menikmati indahnya pemandangan di wisata edukasi Watungkal Edupark Sendangagung, anda pun bisa untuk mencicipi nasi muduk makanan khas daerah setempat dan membawa pulang oleh – oleh Batik Sendang yang telah terkenal.


Sumber : beritasiber.com

 disparbud
 102
 22-Desember-2023

Kontak


Jl. Sunan Giri No.1, Tumenggungan, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62215, Indonesia

web :

1. lamongankab.go.id


Play Store :

disparbud@lamongankab.go.id
(0322) 311919

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan 2023
Theme system: west