Drama Kolosal Kadet Soewoko Warnai HUT ke-78 TNI di Lamongan

Ada yang berbeda dengan perayaan HUT ke-78 TNI di Lamongan. Sebuah drama kolosal Kadet Soewoko, ikon pahlawan Lamongan yang disuguhkan dalam peringatan HUT TNI yang digelar di alun-alun kota Lamongan.

Ya, drama kolosal dengan mengangkat kisah ikon pahlawan Lamongan Kadet Suwoko ini menjadi salah satu suguhan yang apik dan heroik dalam peringatan HUT TNI.

Kiprah Kadet Soewoko yang patungnya berdiri gagah di tepi jalan poros Lamongan-Surabaya diharapkan bisa membangkitkan semangat pemuda-pemudi Lamongan untuk lebih cinta terhadap tanah air.

Perjuangan Sang Kadet dalam drama kolosal yang dilakonkan oleh pemuda-pemudi Lamongan itu dimulai ketika Kadet Soewoko bersama pasukannya melawan pasukan Belanda di Desa Gumantuk yang kini masuk dalam wilayah Kecamatan Maduran.

"Kadet Soewoko dikenal karena peranannya yang menginspirasi kaum muda, khususnya yang membangkitkan semangat rakyat untuk melawan kembalinya penjajah Belanda," kata Komandan Kodim 0812 Lamongan Letkol Arm Ketut Wira Purbawan, Kamis (5/10/2023).

Kisah heroik Kadet Soewoko itu kemudian diabadikan dengan dibangun patung Kadet Soewoko pada 1975 dan kata-kata terakhir dari sang kadet juga dipahatkan di patung tersebut. Selain itu, Kadet Soewoko juga diabadikan menjadi nama salah satu jalan di kota Lamongan.

"Pertunjukan ini bertujuan untuk mengenang jasa pahlawan perjuangan, terutama yang ada di Lamongan," ujarnya.

Tidak hanya itu, anggota TNI di Lamongan juga menggelar pertunjukan hiburan untuk masyarakat berupa atraksi perguruan silat dalam demonstrasi bela diri.

Pertunjukan untuk mengenang jasa pahlawan perjuangan di Lamongan ini ternyata menarik perhatian warga Lamongan. Tak sedikit dari warga yang menyaksikan berbagai atraksi dalam HUT ke-78 TNI itu dan mengabadikannya melalui kamera ponsel masing-masing.

Wakil Bupati Lamongan Abdul Rouf yang hadir dalam peringatan tersebut menyampaikan pesan kepada TNI agar bersiaga untuk turut menyukseskan pesta demokrasi Pemilu Serentak 2024.

"Tahun depan kita akan menapaki tahun pemilu, TNI sebagai pengawal di bumi nusantara saya harap aktif untuk mengawal dan menjamin keberhasilan berlangsungnya pesta demokrasi," pesan Pak Bro, sapaan Abdul Rouf dalam sambutan yang ia sampaikan.


Sumber : detik.com

 disparbud
 221
 05-Oktober-2023

Kontak


Jl. Sunan Giri No.1, Tumenggungan, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62215, Indonesia

web :

1. lamongankab.go.id


Play Store :

disparbud@lamongankab.go.id
(0322) 311919

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan 2023
Theme system: west