November

29

 2022

FKUB Gelar Sosialisasi Perkuat Moderasi Beragama di Kecamatan Turi

 bakesbang
 876
 29-November-2022

Pada hari Selasa (29/11), FKUB Kabupaten Lamongan mengadakan sosialisasi dengan tema Moderasi Beragama yang bertempat di Pendopo Bina Praja Kecamatan Turi.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri Forkopimcam Turi dan tokoh agama dan masyarakat Kecamatan Turi.

Camat Turi, Bambang Purnomo, dalam sambutannya menyampaikan bahwa sosialisasi moderasi beragama ini bertujuan agar masyarakat menjalankan kehidupan beragama mereka dengan mengedepankan keharmonisan, kerukunan, dan kedamaian.

Sambutan kedua disampaikan oleh Kabid Ideologi, Wasbang, dan Ketahanan Ekososbudag, Erlina Marhaeni, yang intinya menekankan bahwa kerukunan umat beragama merupakan kewajiban seluruh warga negara.

Materi pertama disampaikan oleh Kasi Bimas Islam Kemenag Kabupaten Lamongan, K.H. Sunhaji. Dalam materinya, moderasi beragama diperlukan untuk mengubah cara pandang dan sikap perilaku masyarakat dalam memandang perbedaan. Indonesia merupakan negara yang majemuk dan kemajemukan tersebut dilihat sebagai kehendak Tuhan dan karenanya dilindungi oleh konstitusi.

Materi kedua disampaikan oleh Ketua FKUB Kabupaten Lamongan, K.H. Masnur Arief, yang menyampaikan bahwa dalam penguatan moderasi beragama, terdapat tantangan dari penganut nilai-nilai konservatif, yang menilai kebenaran adalah milik mereka sendiri.

Di tengah meningkatnya potensi radikalisme dan ekstremisme, serta liberalisme di sisi lain, moderasi beragama bisa menjadi jalan tengah. Masyarakat dapat menjalankan perintah agamanya namun tidak menafikan dan justru menghargai perbedaan yang ada di tengah masyarakat dengan batasan tertentu. Hal ini sekaligus membuat masyarakat terhindar dari sikap ekstremisme dan berlebih-lebihan.

Harapannya, kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat akan apa itu moderasi beragama. Perbedaan seharusnya tidak dilihat sebagai hal yang memecah belah, tetapi harus dilihat sebagai sebuah anugerah karena Tuhan menciptakan manusia berbeda-beda.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik

Kontak

Jl. Lamongrejo No.92, Lamongan, Sidokumpul, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62214


bakesbangpol@lamongankab.go.id
(0322)321706

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Lamongan 2023