Juli

25

 2023

Sosialisasi Politik Perempuan di Kecamatan Kalitengah

 bakesbang
 290
 25-Juli-2023

Bidang Politik Dalam Negeri dan Organisasi Kemasyarakatan Bakesbangpol Lamongan menggelar sosialisasi politik perempuan dengan tema "Peran Kaum Perempuan Dalam Suksesnya Pemilu Serentak Tahun 2024" di Pendopo Kecamatan Kalitengah, pada Selasa (25/7).

Dalam sambutannya, Kabid Poldagri dan Ormas, Erlina Marhaeni, menerangkan bahwa di Indonesia sendiri perempuan yang terjun dalam dunia perpolitikan masih terbelenggu dengan latar belakang, budaya patriarki, perbedaan gender, sehingga kegiatan ini dinilai penting agar membuka cakrawala peserta, yang terdiri dari ibu-ibu PKK, tentang keterlibatan perempuan dalam politik.

Adapun narasumber kegiatan ini adalah Ayu Dian Ningtias dan Mimatun Nasihah dari Universitas Islam Lamongan.

Materi pertama disampaikan oleh Ayu Dian NIngtias, yang menjelaskan mengenai kebijakan hukum partisipasi perempuan dalam politik. Dalam penjelasannya, disampaikan bahwa keterwakilan perempuan masih di bawah angka persyaratan 30% jumlah caleg perempuan. DI daerah, jumlah tersebut lebih kecil lagi yakni di bawah 20%.

Menurutnya, partisipasi dan keterwakilan perempuan di lembaga legislatif sangat penting, karena di parlemen, perempuan berada dalam posisi yang strategis untuk ikut dalam proses pengambilan keputusan yang terkait dengan legislasi, penentuan anggaran dan pengawasan.

Materi kedua dibawakan oleh Mimatun Nasihah yang menjelaskan mengenai partisipasi politik perempuan dalam pemilhan umum di Indonesia. Mimatun menyampaikan bahwa menjadi sebuah keharusan bagi perempuan untuk berpolitik. Keberadaan perempuan dapat meningkatkan kesejahteraan perempuan dengan mewakili, mengawal dan mempengaruhi agenda dan proses pembuatan kebijakan, serta turut serta dalam proses pembangunan.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjadikan para peserta lebih melek politik, bahwa kaum perempuan tidak selalu ditakdirkan menjadi ibu rumah tangga, tetapi dapat berperan lebih dari itu. Dalam dunia politik, perempuan dapat berperan banyak, khususnya dalam mengawal agenda-agenda pembangunan yang lebih berkeadilan

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik

Kontak

Jl. Lamongrejo No.92, Lamongan, Sidokumpul, Kec. Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur 62214


bakesbangpol@lamongankab.go.id
(0322)321706

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Lamongan 2023