PUSKESMAS KEMBANGBAHU

Kegiatan Prolanis di Puskesmas Kembangbahu

Penyakit Tidak Menular ( PTM ) merupakan penyakit yang saat ini menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Penderita PTM di wilayah Puskesmas Kembangbahu semakin bertambah banyak. Oleh  karena itu, salah satu upaya yang dilakukan oleh Puskesmas Kembangbahu untuk meningkatkan kualitas hidup penderita  Diabetes Mellitus dan Hipertensi agar lebih optimal yaitu dengan mengadakan kegiatan Prolanis.



PROLANIS adalah suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan peserta, fasilitas kesehatan dan BPJS Kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien (BPJS Kesehatan, 2014).

Prolanis di Puskesmas Kembangbahu dilaksanakan sebulan sekali setiap tanggal 16 tiap bulannya. Kegiatan dimulai pukul 07.30 WIB di Puskesmas Kembangbahu. Kegiatan prolanis dimulai dengan pengukuran BB,TB, tekanan darah, pemeriksaan GDP, senam bersama dan dilanjutkan dengan penyuluhan kesehatan.

Pada bulan Agustus prolanis dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 2022, yang diikuti oleh 30 orang peserta. Kegiatan dimulai pukul 07.30 WIB dan selesai pada pukul 11.00 WIB. Kegiatan berjalan dengan lancar. Semoga memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar terutama sasaran yang menderita penyakit degeneratif. Hal ini berguna untuk membantu mengontrol kesehatan supaya tidak berdampak memburuk pada kesehatannya.