SATUAN POLISI PAMONG PRAJA

Artikel Satuan Polisi Pamong Praja

SAKIP

1. SAKIP 20202. SAKIP 2021

Selengkapnya
PAKDE KARWO MEMINTA SATPOL PP DAN SATLINMAS JAGA KEAMANAN PILKADA 2018

Foto: Pemeriksaan Pasukan yang dilakukan oleh Gubernur Provinsi Jawa Timur di halaman Kantor Bupati GresikYohan Firmansyah – Senin, 19 Maret 2018Lamongan – Acara puncak HUT Satpol PP ke 68 dan Satlinmas ke 56 dilaksanakan hari ini, senin (19/3) di halaman Kantor Bupati Gresik. Dan diikuti Satpol PP dari seluruh Kabupaten dan Kota yang ada di Jawa Timur, termasuk Satpol PP Lamongan yang juga ikut serta dalam peringatan ini.Gubernur Jawa Timur, Soekarwo atau yang biasa akrab dipanggil Pakde Karwo meminta agar Satpol PP dan Satlinmas untuk menjaga situasi aman di Jawa Timur. Karena di tahun ini akan serentak diselenggarakan pesta demokrasi yaitu Pemilihan Kepala Daerah.Pakde Karwo juga menambahkan dalam amanatnya, ” bahwa situasi aman dan damai adalah harga mati di Jawa Timur. Tugas Anda adalah menegakkan Perundang-Undangan Daerah baik Perda maupun Perkada. Sekarang fokusnya di Pilkada, maka kemudian tugas pokoknya adalah bagaimana Jawa Timur damai.”“Satpol PP dan Satlinmas juga harus dibekali fungsi untuk menjaga ketertiban dan ketentraman masyarakat di seluruh tahapan Pilkada, baik sebelum, saat dan setelah pemungutan suara,” kata Pakde Karwo.“Kondisi damai ini akan dikoordinir Bupati atau Walikota bersama Kapolres dan Dandim. Maka kemudian Satpol PP dan Satlinmas bersatu serta ikut mendukung. Diantaranya untuk mendeteksi dan mencegah dini permasalahan saat Pilkada,” tambah Pakde Karwo.Sedangkan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo melalui amanat yang disampaikan Gubernur Jawa Timur meminta, “Satpol PP dan Satlinmas untuk berkoordinasi terus dengan instansi terkait saat Pilkada. Seperti KPU, Bawaslu, TNI dan Polri. Menurutnya sesuai tema HUT Satpol PP ke 68 dan Satlinmas ke 56 yaitu mengawal Pilkada serentak tahun 2018. Satpol PP dan Satlinmas harus meningkatkan kualitasnya, baik sebagai abdi negara maupun abdi masyarakat sesuai fungsi operasioanl di lapangan.”Dalam HUT Satpol PP ke 68 dan Satlinmas ke 56 yang diselenggarakan Satpol PP Provinsi Jawa Timur dengan bertempat di Kabupaten Gresik, juga memberikan hadiah untuk peserta yang mendapatkan nilai tertinggi dari penilaian kedisiplinan, ketertiban dan defile.Daftar pemenang Pasukan terbaik pada HUT Satpol PP ke 68 dan Satlinmas ke 56 tahun 2018:Juara I : Kabupaten MadiunJuara II : Kota MadiunJuara III : Kabupaten SidoarjoJuara Favorit : Kabupaten Jember.Satpol PP Jaya…Jaya…Jaya. (yf)

Selengkapnya
BENCANA DATANG SATPOL. PP SIAP TANGGAP

Saat bencana alam terjadi, personel Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Lamongan harus siap tanggap dalam penanganannya, sehingga jumlah korban dapat diminimalisasi. Kepala Satpol PP Kabupaten Lamongan, Drs. TONY TAMTAMA JATI, M. Si dalam acara pembekalan teknis anggota trenggana, di Waduk Selorejo Kabupaten Malang, pihaknya terus membina dan memberi pelatihan kepada Tim Relawan Penanggulangan Bencana (Trenggana) Satpol PP Kabupaten Lamongan, tentang bagaimana penanganan saat bencana terjadi.Pihaknya tidak menginginkan anak buahnya tidak dapat menangani ketika bencana datang. Untuk itu, seluruh personel yang tergabung dalam Trenggana harus memiliki skill (keahlian) untuk menyelamatkan korban dan harta benda.Dalam penanganan diharapkan tidak hanya menggunakan otot, tetapi harus juga menggunakan otak. Seluruh yang ditangani dapat cepat dan tepat sasaran, sehingga jumlah korban tidak meningkat. Di sisi lain, semua penanganan yang dilakukan harus humanis, yakni tidak menggunakan cara kekerasan, melainkan etika kemanusiaan. Personel harus tahu apa yang akan dilakukan, dan lokasi mana yang terkena bencana.Menurut dia, dalam pembinaan anggota tidak hanya diberi teori-teori, tetapi juga harus diberi pelatihan di lapangan. Dengan begitu, seluruh anggota Trenggana benar-benar kredibel, dan siap tanggap bencana.

Selengkapnya
SATPOL PP LAMONGAN SAHABAT ANAK

Foto : Anak-anak TK di Aula Satpol PP LamonganYohan Firmansyah – Selasa, 6 Maret 2018, 17:03 WIBLamongan – Satpol PP Lamongan kedatangan tamu istimewa dari TK Pembina Lamongan, selasa (3/6). Kunjungan ini sudah sekian kali dari beberapa TK yang ada di Kabupaten Lamongan sebagai wujud bahwa Satpol PP sahabat anak.Anak-anak ini disambut dengan hangat oleh Satpol PP Lamongan dan diajari agar anak-anak tidak takut dengan Satpol PP. Karena sesungguhnya Satpol PP adalah pelindung, pengayom dan pelayan masayarakat dalam urusan ketentraman masyarakat dan ketertiban umum.Acara ini dibuka oleh Kabid Perundang-undangan daerah, Sapari dengan menjelaskan apa saja tugas pokok dan fungsi Satpol PP. Setelah itu acara diisi dengan lagu anak-anak yang dipandu oleh anggota Satpol PP Roni Setiawan.Ramah tamah dan serangkaian acara telah diselesaikan, anak-anak ini diajak keliling kota oleh Satpol PP Lamongan dengan menaiki kendaraan dinas Satpol PP Lamongan. Harapan dari acara ini agar terbangun peningkatan hubungan yang baik dan bersinergi dengan guru dan anak-anak.Satpol PP sahabat anak, Satpol PP bukan sosok yang menakutkan, Satpol PP milik kota bersama. (yf)

Selengkapnya