Enter your keyword

post

PERINGATAN MAYDAY 2019 DI DINAS TENAGA KERJA KABUPATEN LAMONGAN

PERINGATAN MAYDAY 2019 DI DINAS TENAGA KERJA KABUPATEN LAMONGAN

Hari Buruh Internasional (MAYDAY) yang dilaksanakan pada 1 Mei 2019 merupakan momen silahturahmi buruh dan pengusaha dengan Pemerintah Kabupaten Lamongan. Kegiatan tersebut digelar oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Lamongan yang bertema “Together We Grow” (Bersama Kita Tumbuh) dengan meningkatkan sinergitas hubungan industrial antara pekerja dan pengusaha Kabupaten Lamongan dalam menghadapi industri 4.0 menuju Kabupaten Lamongan Lebih Sejahtera dan Berdaya Saing. Kegiatan ini diikuti sebanyak kurang lebih 750 orang pekerja, pengurus dari 2 DPC Serikat Pekerja, 20 PUK SP dan pengurus Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) yang berada di Kabupaten Lamongan serta dihadiri oleh Bupati Lamongan Bapak H. Fadeli, S.H., M.M, Wakil Bupati Ibu Dra. Hj. Kartika Hidayati, M.M, MHP, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres), Komandan Distrik Militer (Dandim), dan Kepala Kejaksaan Negeri Lamongan.

Acara Mayday 2019 yang dilaksanakan di halaman Dinas Tenaga Kerja Lamongan diawali dengan senam bersama, dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan pembagian hadiah utama yang dilakukan oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA), acara berjalan dengan sangat meriah serta sesuai dengan yang diharapkan oleh semua pihak, dimana pekerja/ buruh dapat menyampaikan aspirasinya dalam kondisi yang tenang serta tidak menimbulkan aksi unjuk rasa. Beberapa aspirasi yang disampaikan oleh Serikat Pekerja adalah sebagai berikut:

  1. Perusahaan wajib mengikutsertakan semua karyawannya dalam BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.
  2. Penegakan hukum ketenagakerjaan di Kabupaten Lamongan agar direalisasikan terhadap perusahaan yang melanggar ketentuan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan.
  3. Perusahaan di Kabupaten Lamongan wajib membayar upah Minimum Kabupaten berdasarkan Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 188/ 629/ KPTS/ 013/ 2018 tentang Upah Minimum Provinsi Jatim Tahun 2019.

Diharapkan kegiatan MAYDAY kali ini bisa membangun dan mempererat hubungan antara Pengusaha, Buruh/ Pekerja, dan Pemerintah agar tema “Together We Grow” (Bersama Kita Tumbuh) di Kabupaten Lamongan dapat tercapai.

No Comments

Add your review