Berita PUSKESMAS SUGIO

UGD (Unit Gawat Darurat)

Jam Pelayanan Unit UGD :

Buka Setiap Hari, 24 Jam

Standar Pelayanan

Persyaratan Pelayanan

1.     KTP/Kartu Keluarga

2.     Kartu Berobat Puskesmas

3.     Kartu BPJS bila ada

4.     Form Rujukan Internal


Sistem, Mekanisme, dan Prosedur

1.     Petugas menerima pasien dan mengidentifikasi pasien

2.     Petugas mempersilahkan pasien tidur di bed pemeriksaan

3.     Petugas melakukan triage sesuai prosedur

4.     Petugas melakukan screening covid-19 pada pasien :

5.     Identifikasi gejala covid-19

6.     Riwayat kontak/perjalanan

7.     Riwayat pemeriksaan swab antigen/ swab PCR

8.     Petugas menuliskan hasil screening covid-19 di form screening covid-19

9.     Apabila hasil screening menunjukkan pasien suspect covid-19, petugas menempatkan pasien di ruang isolasi

10. Petugas melakukan anamnesa singkat

11. Petugas memeriksa pasien sesuai keluhan

12. Apabila diperlukan, petugas melakukan konsultasi kepada dokter sesuai prosedur komunikasi efektif dengan SBAR

13. Dokter melakukan anamnesa dan pemeriksaan terhadap pasien

14. Dokter menegakkan diagnose sementara.

15. Dokter memberikan rencana penatalaksanaan yang dilakukan oleh perawat

16. Petugas melakukan penatalaksanaan sesuai instruksi dokter

17. Apabila pasien bisa ditangani di PGD, maka petugas memberikan terapi kepada pasien

18. Apabila pasien perlu diobservasi, petugas melakukan observasi maksimal 24 jam

19. Apabila pasien perlu dirujuk ke FKTL, petugas melakukan rujukan pasien sesuai prosedur

20. Petugas melengkapi rekam medis

21. Pasien pulang

 

Jangka waktu

1.     Waktu pasien mendapatkan pelayanan (respon time) ≤ 5 menit

2.     Waktu pelayanan pasien sesuai kasus yang ditangani

Biaya/tarif

1.     Umum : Perbup No. 19 Th 2022

2.     JKN : Permenkes No. 59 Th 2014


Produk Pelayanan

1.     Konsultasi Dokter

2.     Pemeriksaan Medis

3.     Tindakan Medis

4.     Surat Rujukan

5.     Observasi pasien maksimal 24 jam