PUSKESMAS KARANGGENENG KABUPATEN LAMONGAN

Berita

Berita 18 Juli 2024

CEGAH PENYAKIT TIDAK MENULAR (PTM) DENGAN ASIK POL

Dominasi masalah kesehatan di masyarakat saat ini mulai bergeser dari penyakit menular menjadi ke arah penyakit tidak menular. Penyakit Tidak Menular (PTM) adalah penyakit yang tidak menular dan bukan disebabkan oleh penularan vektor, virus, dan bakteri namun lebih banyak disebabkan oleh perilaku dan gaya hidup.

Penyebab kematian utama penduduk semua golongan umur pada saat ini disebabkan oleh penyakit tidak menular secara berurutan yaitu stroke, hipertensi, diabetes mellitus, tumor ganas / kanker, penyakit jantung, dan pernafasan kronik. Pengendalian penyakit sebagai upaya penurunan insiden, prevalen, kesakitan atau kematian dari suatu penyakit mempunyai peranan penting untuk mengukur derajat kesehatan masyarakat. Indikator yang digunakan dalam menilai derajat kesehatan suatu masyarakat adalah angka kesakitan dan kematian penyakit. Penyakit tidak menular dapat dikendalikan dengan upaya pencegahan dan deteksi dini terhadap penyakit tidak menular tertentu.

Salah satu inovasi dari Puskesmas Karanggeneng dalam Upaya pencegahan Penyakit Tidak Menular adalah dengan ASIK POL. Apa sih “ASIK POL” itu? Berikut ini adalah Kepanjangan dari "ASIK POL"

A: Aktifitas Fisik Secara Rutin

S: Selalu Makan Buah dan Sayur

I: Inisiatif Tidak Merokok

K: Kurangi Konsumsi Gula, Garam, dan Lemak Berlebihan

P: Periksa Kesehatan Secara Rutin

O: Olah Stres Secara Teratur

L: Luangkan Waktu Untuk Istirahat