KECAMATAN LAREN KABUPATEN LAMONGAN

Informasi

Informasi 30 Januari 2023

Pelayanan Publik Kecamatan Laren melakukan Sosialisasi dan Bimtek Inovasi SI OKE terhadap Operator Desa

Pelayanan Publik Kecamatan Laren melakukan Sosialisasi dan Bimtek Inovasi SI OKE terhadap Operator Desa

Untuk menjawab permasalahan yang ada di masyarakat, Pemerintah Kecamatan Laren membuat terobosan dengan membuat program inovasi SI OKE, dimana program ini adalah program pelayanan administrasi kependudukan yang bisa dilakukan di seluruh Desa yang ada di Wilayah Kecamatan Laren. Dengan adanya program SI OKE, semua persoalan-persoalan tersebut diatas dapat terjawab dengan sendirinya, mulai dari persoalan jarak tempuh cukup jauh antara pusat pelayanan di kecamatan dan Desa, jalan-jalan tanggul yang susah dilalui, resiko keamanan dan keselamatan teratasi, tanpa adanya penumpukan massa di Kecamatan untuk meminimalisir penyebaran covid 19, dan bersihdari calo untuk mewujudkan cita-cita pemerintah yang good governance. 

Implementasi SI OKE berdampak sangat signifikan dari segala aspek baik jarak tempuh, biaya, networking, good governance, dan pengendalian covid 19. Dari jarak tempuh, yang awalnya masyarakat harus datang kekantor pelayanan adminduk di kecamatan Laren, kini seluruh masyarakat wilayah Kecamatan Laren cukup datang kekantor Desa masing-masing. Sehingga dapat berdampak signifikan terhadap jarak yang jauh, jalan yang susah dan resiko keamanan dan keselamatan.

Dari segi biaya, dimana jika masyakarat yang dulunya harus bolak-balik datang kekantor pelayanan adminduk di Kecamatan Laren, maka akan memakan biaya transportasi yang tidak sedikit, dengan adanya program SI OKE, masyarakat hanya perlu sekali datang kekantor pelayanan adminduk di kecamatan Laren, sehingga sangat mengirit biaya transportasi.

Dari segi networking, dengan adanya program SI OKE, networking antara pemerintah Desa dan Pemerintah Kecamatan di bidang pelayanan Kependudukan semakin kuat.

Dari segi good governance, dimana sebelum adanya program SI OKE, biro jasa / calo sangat marak di wilayah kecamatan Laren, karena segala macam pengurusan dokumen kependudukan di bantu oleh calo dengan biaya yang relative mahal, dengan adanya program SI OKE, semakin meminimalisir keberadaan calo/biro jasa, sehingga tercipta pemerintah yang good governance.