Bersama Disnakkeswan Lamongan, BBPP Batu Gelar Pelatihan Pengolahan Pakan Ternak bagi Aparatur

Posted By Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan | 17 November 2022

Tujuan pembangunan  peternakan dan kesehatan hewan di Kabupaten Lamongan adalah meningkatkan produksi ternak dan meningkatkan kesejahteraan peternak. Salah satu faktor penting untuk meningkatkan produksi ternak adalah ketercukupan pakan ternak yang berkualitas.

Pakan menjadi faktor terpenting dalam usaha budidaya ternak. Pemberian pakan yang memiliki kualitas tinggi secara tepat akan menghasilkan produksi yang optimal.

Pengolahan pakan merupakan suatu kegiatan untuk mengubah pakan tunggal atau campuran menjadi bahan pakan baru atau pakan olahan. Bahan pakan baru yang dihasilkan dari proses pengolahan diharapkan mengalami peningkatan kualitas.

Kementerian Pertanian melalui Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu - BPPSDMP bekerja sama dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lamongan menggelar Pelatihan Pengolahan Pakan Ternak. Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 17 - 19 November 2022.

Menurut Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lamongan yang hadir dalam pembukaan kegiatan ini, Drs Moch Wahyudi MM,  Peserta pelatihan ini 25 ASN yang terdiri dari Dokter Hewan, Penyuluh pertanian, paramedik veteriner dan petugas Inseminasi buatan. Diharapkan dengan pelatihan ini, para peserta dapat menyerap pembelajaran dan menyampaikannya kepada para peternak binaan yang ada di Kabupaten Lamongan.

Sehingga masyarakat peternak ini   mengetahui bahan pakan yang ketersediaannya melimpah, mudah di dapat serta tidak beracun. Setelah itu peternak akan mengolah pakan yang berkualitas pada akhirnya akan meningkatkan produktifitas ternaknya.