Kegiatan Pembimbingan Tematik Peternakan untuk Anak Sekolah berbasis Edifarm di UPT Pembibitan Dan Pengolahan Pakan Ternak Lamongan

Posted By Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan | 09 November 2023

Selain berfungsi sebagai sarana demplot pemeliharaan sapi dan pembuatan pakan bagi peternak sekaligus sarana pengembangan peternakan di kabupaten lamongan, UPT Pembibitan dan Pengolahan Ternak kabupaten Lamongan juga difungsikan sebagai sarana wisata dan pendidikan peternakan bagi Peserta didik maupun anak usia dini dengan mengusung konsep edufarm.

Dalam konsep wisata edufarm peternakan ini, pengunjung disajikan pengalaman menarik dan langka yang jarang didapat. Dalam wahana peternakan ini wisatawan ditunjukkan secara langsung tentang kehidupan beternak serta jenis-jenis hewan ternak. Para pengunjung juga dapat mencoba secara langsung bagaimana proses merawat dan membudidayakan ternak yang ada. Pengunjung diedukasi tentang bagaimana memberi makan sapi, memberi makan kambing, Memproses dan memanfaatkan kotoran ternak menjadi pupuk organik, dan banyak lagi yang dapat dilakukan dalam wahana peternakan.

Diharapkan melalui pembelajaran berkonsep edufarm ini, peserta didik dapat lebih mengenal dunia peternakan dan manfaatnya, melatih perkembangan fisik motorik anak, serta meningkatkan rasa empati, mensyukuri dan mencintai ciptaan tuhan.

Kedepannya UPT Pembibitan dan Pengolahan Ternak kabupaten Lamongan akan di kembangkan menjadi destinasi wisata edukasi peternakan berbasis Edufarm yang lebih terintegrasi.