Peringati World Rabies Day 2023, Disnakeswan Lamongan selenggarakan Talkshow & Vaksinasi Rabies.

Posted By Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan | 11 Oktober 2023

Guna meningkatkan status kesehatan bagi hewan peliharaan, Disnakeswan Lamongan Menyelenggarakan kegiatan Talkshow & Vaksinasi Rabies di halaman parkir Disnakeswan Lamongan pada Rabu(11/10). Dalam kegiatan ini dilaksanakan talkshow yang disiarkan secara daring ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat tentang bahaya penyakit hewan yang dapat menular kepada manusia (zoonosis) khususnya rabies, serta kiat-kiat pencegahannya.

Selain itu dilaksanakan pula kegiatan vaksinasi rabies gratis sebanyak 100 dosis. upaya ini diharapkan dapat bisa mencegah penyebaran penyakit yang menular dari hewan ke manusia maupun sebaliknya (zoonosis) di wilayah Kabupaten Lamongan.

"Vaksinasi gratis yang diselenggarakan Disnakeswan Lamongan ini dalan rangka memperingati Hari Rabies Dunia. Dengan tujuan untuk mencegah penyebaran penyakit zoonosis," kata Muhammad Nalikan Sekretaris Daerah Kabupaten Lamongan sembari membuka jalannya acara.

Nalikan mengatakan, hewan peliharaan seperti kucing, anjing, kera dan musang merupakan bagian dari kehidupan yang membahagiakan masyarakat. "Jadi dengan adanya vaksinasi ini, kita tidak ingin penyakit zoonosis menular ke masyarakat," ujarnya.

Selain secara rutin tiap tahun sekali, Nalikan mengemukakan, Disnakeswan Lamongan juga membuka klinik bagi masyarakat sekitar agar bisa melaksanakan pemeriksaan kesehatan hewan peliharaannya.

"Bila hewan peliharaan sehat, maka bisa bergaul dan bercengkerama bebas dengan pemiliknya," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Disnakeswan Lamongan Muhammad Wahyudi mengatakan, pelaksanaan vaksinasi bagi hewan kesayangan penular virus rabies dengan tujuan untuk meningkatkan status kesehatan hewan.

"Dengan meningkatnya status kesehatan, tentunya penyakit zoonosis bisa dicegah dengan baik," kata Wahyudi.

Wahyudi menyebutkan, untuk sasaran hewan yang akan diberikan vaksinasi adalah kucing, anjing, kera (primata) dan musang yang berumur minimal 4 bulan serta sehat.

Selain itu, Sekretaris Disnakeswan Lamongan Rahendra Prasetya E.S. menambahkan, hewan yang akan divaksin memiliki berat badan satu kilogram dengan tidak dalam keadaan bunting dan tidak berkutu.

"Untuk kuota vaksinasi ini, kita siapkan 100 dosis dan 50 dosis sumbangan dari dokter hewan praktek di Lamongan," ujar Wahyudi, Kepala Disnakeswan Lamongan usai melaksanakan vaksinasi rabies yang mengusung tema All for One, One Health for All.