Agustus

15

 2023

Pengembangan Ekonomi Desa Hutan melalui Koperasi Tani: Kehadiran Ibu Kepala Dinas Koperasi dalam RAT Tahun Buku 2022

 diskopum
 455
 15-Agustus-2023

Perekonomian masyarakat desa hutan di Kabupaten Lamongan akan mengalami perkembangan signifikan dengan diaktifkannya kembali beberapa Koperasi Tani Hutan di wilayah Kecamatan Solokuro dan Kecamatan Brondong. Langkah ini menjadi fokus utama dalam meningkatkan kesejahteraan penduduk yang selama ini bergantung pada lahan yang dikelola oleh Perhutani KPH Tuban.

Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2022 menjadi tonggak penting dalam upaya pengembangan ekonomi desa hutan ini. Ibu Etik Sulistyani, S.Sos., M.Si, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Lamongan, turut serta dalam acara ini untuk memberikan dukungan dan pandangan yang berharga.

Koperasi Tani Hutan Wono Joyo, Koperasi Tani Hutan Watu Telo, Koperasi Tani Hutan Andhe-Andhe Lumut, dan Koperasi Tani Hutan Hijau Lestari adalah lembaga-lembaga yang berperan sentral dalam menggerakkan ekonomi desa hutan. Mereka memberdayakan masyarakat setempat untuk mengelola dan memanfaatkan sumber daya hutan secara berkelanjutan.

Kehadiran Ibu Etik Sulistyani dalam RAT ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan koperasi-koperasi ini. Dalam pidatonya, Ibu Etik Sulistyani menekankan pentingnya kolaborasi antara sektor publik dan swasta dalam menciptakan ekosistem yang kondusif bagi kemajuan ekonomi desa hutan.

Selain itu, dalam acara ini, dipaparkan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan produktivitas dan pendapatan masyarakat desa hutan. Dukungan teknis dan pelatihan akan diberikan kepada anggota koperasi untuk memaksimalkan potensi sumber daya alam yang mereka kelola.

Koperasi Tani Hutan telah membuktikan diri sebagai model yang berhasil dalam pembangunan berkelanjutan di wilayah pedesaan. Mereka tidak hanya memberdayakan ekonomi desa, tetapi juga menjaga lingkungan dan hutan yang menjadi aset berharga.

Dengan diaktifkannya kembali koperasi-koperasi ini, diharapkan bahwa masyarakat desa hutan di Kabupaten Lamongan dapat mengalami peningkatan kesejahteraan yang signifikan. Langkah ini sejalan dengan visi pemerintah Kabupaten Lamongan untuk menciptakan daerah yang sejahtera dan berkelanjutan.

PEMERINTAH KABUPATEN LAMONGAN
Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro

Kontak

Jalan Basuki Rahmat 176 - Lamongan   Kode Pos : 62216 Telp. 0322 - 3105522 
diskopum@lamongankab.go.id
0322 - 3105522

Pengunjung

Hari Ini 0
Kemarin 0
Minggu Ini 0
Minggu Lalu 0
Bulan Ini 0
Bulan Lalu 0
Tahun Ini 0
Semua 0
#LamonganMegilan
© Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Kabupaten Lamongan 2023